Kodam IV/Diponegoro

Maksimalkan Kualitas dan Luas Tanam, Babinsa Pringsurat Dampingi Petani Tanam Padi Gogo

Oleh 16 Mei 2019 No Comments
Img 20190516 Wa0055
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk meningkatkan hasil produksi pangan, Babinsa Koramil 10/ Pringsurat dampingi petani tambah luas tanam dengan menanam padi Gogo di Desa Pringsurat, Temanggung.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0706/Temanggung, Letkol Inf A.Y. David Alam, dalam rilis tertulisnya, Kamis (16/5/2019).

Diungkapkan David, pendampingan yang dilakukan Babinsanya tersebut merupakan salah satu cara untuk memotivasi para petani guna menyukseskan swasembada pangan di wilayah teritorialnya.

“Kita turunkan Babinsa untuk memotivasi dan membantu para petani,” katanya.

David menerangkan, kedua anggotanya yang bernama Serma Hariono dan Serda Mujiono pada Rabu kemarin, bersama PPL Kecamatan Pringsurat membantu menanam padi Gogo jenis padi hitam dan padi kuning di lahan seluas 1 Hektar milik Kelompok Petani (Poktan) Sido Laras.

Lebih lanjut dijelaskan Letkol David bahwa padi Gogo merupakan jenis padi yang ditanam pada areal lahan kering atau lazim disebut dengan padi tegalan.

Budidaya padi gogo ini, tuturnya sama sekali tidak membutuhkan irigasi dan dapat diaplikasikan didaerah bercurah hujan rendah.

Baca juga:  Korem 072/Pmk Memberangkatkan 250 siswa Peserta Jambore Anak Daerah DIY

“Padi Gogo ini biasa ditanam petani pada saat sebelum atau menjelang musim penghujan di ladang atau tegalan,” katanya.

“Caranya dengan sistem gejik,” tambah David.

David berharap dengan adanya pendampingan Babinsa penanaman bisa lebih maksimal untuk meningkatkan hasil yang berkwalitas tinggi.

“Ini kita lakukan untuk memaksimalkan proses penanaman,” ujarnya.

Selain itu, David menyampaikan bahwa pendampingan yang dilakukan Babinsa di wilayah binaan itu bertujuan untuk memberikan dukungan dan semangat kepada Poktan maupun para petani dalam mengelola lahan pertanian sehingga mampu meningkatkan produktifitas pertanian.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata peran serta TNI AD dalam mendukung dan menyukseskan swasembada pagan yang sudah di programkan pemerintah,” tandasnya. (Dispenad).

Berita Terkait

Komentar