Kodam IV/Diponegoro

Mitigasi Bencana, Babinsa Bersihkan Longsoran di Sungai Karangdowo

Oleh 09 Mei 2019 Tidak ada komentar
8jkl1
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam mitigasi atau mengurangi resiko bencana, Babinsa Koramil 17 Karangdowo diterjunkan bantu warga bersihkan longsoran di Sungai Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Eko Setyawan, S.E., dalam rilis tertulisnya, Kamis (9/5/2019).

Diungkapkan Eko, kegiatan yang digelar Rabu kemarin itu, sangat perlu dilaksanakan, karena longsoran rumpun bambu tersebut telah menutupi sebagian sungai yang berada di Dukuh Babadan RT 08/04 Desa Babadan Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

“Apabila tidak segera di bersihkan, ini sangat berbahaya, karena (rumpun bambu) akan menghambat aliran sungai,” katanya.

Lebih lanjut di katakan Eko bahwa selain Babinsa, dalam kegiatan itu melibatkan Polsek Karangdowo, anggota BBWS, perangkat Desa dan Kecamatan Babadan.

“Kita bersama aparat terkait lainnya, bahu membahu bersinergi membersihkan longsor, sebagai antisipasi terjadinya banjir,” ujarnya.

Sementara itu menurut Camat Karangdowo Tomisila Aditama yang turut serta dalam kegiatan itu menyampaikan bahwa sinergitas serta kekompakan berbagai elemen mulai dari TNI, Polri, BBWS, perangkat Desa dan Kecamatan serta warga harus selalu di bina dan dipelihara dengan baik dalam kondisi apapun.

“Ini salah satu kekompakan kita, bersihkan longsoran rumpun bambu yang menutupi sungai dengan segera, sehingga air tidak meluap ke pemukiman warga,” katanya.

Hal ini pun dibenarkan Danramil 17 Karangdowo, Kapten Inf Suparno yang memimpin kegiatan gotong-royong pembersihan longsoran rumpun bambu tersebut. Dimana dirinya selalu menghimbau kepada seluruh warga untuk cepat tanggap dan segera melaporkan pada kesempatan pertama setiap ada kejadian yang ada di Desanya.

“Contohnya ini, atas laporan dari warga kita bisa mengambil langkah yang cepat dan tepat,” imbuhnya.

Suparno meyakini bahwa Babinsa, Babinkamtibmas dan warga selalu bersinergi terhadap perkembangan situasi di wilayah yang menjadi area teritorialnya.

“Deteksi dini dan cegah dini itu yang selalu kita terapkan,“ tandas Suparno. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel