Kodam IV/Diponegoro

Mitigasi Bencana di Brebes, Dandim gelar Gladi Maket

Oleh 23 Mei 2019 Tidak ada komentar
Img 20190523 Wa0028
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Simulasi jalur evakuasi warga pada hari kedua penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Slamet yang mengarah ke wilayah Kabupaten Brebes telah menggunakan maket sebagai sarana Simulasi.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri dalam rilis tertulisnya di Brebes, Rabu (22/5/2019).

Dijelaskan Dandim, dalam kegiatan yang diselenggarakan Korem 071 WIjayakusuma dan Kodim Brebes ini, juga diikuti perwakilan personel dari Kodim wilayah Pantura mulai dari Batang, Pekalongan, Pemalang dan Tegal.

“ Simulasi penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Slamet ini juga melibatkan beberapa Kodim yang wilayahnya memiliki potensi kerawanan terdampak erupsi Gunung Slamet, oleh sebab itu pada simulasi kali ini, kami sudah menggunakan maket agar menyerupai kondisi wilayah sebenarnya, “ ujar Dandim.

Tujuan digunakannya media maket tersebut guna memberikan gambaran secara nyata tentang kondisi geografis atau morfologis wilayah yang diprediksi terdampak bencana dan jalur evakuasinya.

“Peserta latihan gladi posko simulasi penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Slamet diharapkan akan akan cepat paham dengan miniatur wilayah dalam maket ini,” ungkapnya.

Dalam maket tersebut tanda-tanda fisik di lapangan digambarkan dalam berbagai simulasi yang cukup jelas seperti jalan ditunjukkan dengan pita berwarna merah, sungai pita biru, areal persawahan berwarna hijau dan ketinggia/perbukitan diwarnai coklat.

“Latihan juga bertujuan memelihara serta meningkatkan kemampuan personel, satuan, koordinasi antar satuan dengan instansi terkait dan para relawan dalam tindak penanganan jika terjadi erupsi Gunung Slamet,” pungkasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel