Kodam V/Brawijaya

Patroli Sahur, Ibadah Sekaligus Pelihara Kondusifitas Wilayah

Oleh 16 Mei 2019 No Comments
Img 20190516 Wa0013
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka turut memeriahkan bulan suci Ramadan, Kodim 0809/Kediri melaksanakan patroli sahur dengan menempuh jalan pedesaan sejauh sekitar 2,4 km.

Demikian disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0809/Kediri, Letkol Kav Dwi Sutrisno, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Rabu (15/5/2019).

Diungkapkan oleh Dwi pada acara tersebut, selain untuk membantu mengingatkan warga menjalankan sahur. Patroli Kodim 0809/Kediri dan Polres Pare juga sebagai sarana memantau dan memelihara kondusifitas wilayah.

“Dengan mengusung jargon “Sahur bareng TNI-Polri dan masyarakat Kabupaten Kediri, pasca pungut hitung Pemilu 2019, menciptakan situasi kamtibmas Kabupaten Kediri yang aman dan kondusif” ini diikuti puluhan anggota Koramil Pagu dan Polsek Pagu,” ucap Dwi.

“Kegiatan patroli sahur ini memang kita gagas antara TNI-Polri di Kabupaten Kediri. Dan ini adalah komitmen kami untuk sepakat membuat situasi agar dapat aman, nyaman dan kondusif,” imbuhnya.

Patroli sahur tersebut dimulai dari Mapolsek Pagu, berlanjut berjalan kaki sepanjang jalan Joyoboyo. Setelah itu masuk ke pemukiman warga Desa Pagu, dan berakhir di Makoramil Pagu untuk makan sahur dan dilanjutkan salat berjamaah. Selain diikuti Koramil maupun Polsek Pagu, patroli sahur ini juga diikuti perwakilan warga desa se-Kecamatan Pagu.

Baca juga:  Kodim Ponorogo Olahraga Bersama Forpimda Kab. Ponorogo

“Pagi ini, dimulai dari Polsek dan diakhiri di Koramil Pagu, tidak lain kita ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa sinergitas TNI Polri merupakan harga mati. Jadi kita sama-sama punya komitmen menciptakan situasi kondusif pasca pemungutan suara,” ujar Dwi.

Pada kesempatan tersebut, Dwi juga menghimbau kepada masyarakat terkait hasil Pilpres dan Pileg yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 April kemarin, untuk menunggu keputusan dari KPU.

“Tentunya kepada masyarakat, agar bersabar mengenai hasil keputusan KPU dan kita sama-sama saling menjaga situasi yang kondusif,” tambahnya.

Peralatan tradisional sebagaimana umumnya, yaitu kentongan, tidak lupa mengiringi perjalanan patroli sahur pada pagi dini hari jelang waktu Imsak. Selain kentongan, peralatan yang umum digunakan saat upacara bendera, juga dibawa, yaitu drum.

Hadir dalam acara patroli dan sahur bersama Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal Saiful Faton yang berada di barisan depan berdampingan dengan Dandim, Danramil Pagu Kapten Inf Warsito dan Kapolsek Pagu AKP Ismu Kamdaris. (Dispenad)

Berita Terkait

Komentar