Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Sejahterakan Warga, Kodim 1011/KK Pelopori Warga Menanam Hidroponik

Dibaca: 22 Oleh 28 Mei 2019Tidak ada komentar
IMG-20190528-WA0026
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id,-Guna mensejahterakan warga dalam memperkecil ketergantungan kebutuhan terhadap pasar, Kodim 1011/KK mengadakan pelatihan menanam menggunakan media hidroponik.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Kuala Kapuas, Selasa (28/5/2019).

Dandim mengatakan program ini merupakan wujud kepedulian Kodim untuk membantu mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kuala Kapuas

“Saat ini kita latihkan tanam sayur dengan media tanam dalam polybag serta kegiatan tanam padi di lahan Demplot Ketahanan Pangan Kodim,”ujarnya.

“Dari pelatihan diharapkan dapat diterapkan oleh petani sehingga hasilnyq dapat digunakan cadangan logistik di wilayah,” terangnya.

Dandim menjelaskan, upaya penggunaan polybag merupakan salah satu cara untuk memperkecil ketergantungan terhadap pasar, menghemat biaya belanja keluarga. Karena tanaman ini bisa dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-harinya.

”Demplot ini lebih menghemat tempat karena dilakukan di polybag, sehingga masyarakat yang tidak memiliki lahan bisa memakai cara ini,” jelasnya.

Selain tanamqn sayur yang memakai Polybag, terang Dandim, juga dilakukan garap lahan sebanyak satu hektar untuk tanam padi dilahan demplot yang dimiliki Kodim 1011/Klk. Sebelum dilaksanakannya penanaman diadakan penyuluhan singkat tentang cara bercocok tanam padi yang benar oleh Penyuluh Pertanian.

Baca juga:  Tanaman Polyback Diperkantoran dan Rumdis Yonarmed 16/105 Tarik

“Kami berharap melalui demplot ini bisa menjadi percontohan yang mampu dimanfaatkan dan dikembangkan. Sehingga mampu mendukung program swasembada pangan,” harapnya.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Mantri Tani Ibu Fitri, SP., anggota PPL, Kelompok Tani serta sejumlah anggota Kodim dan masyarakat lainnya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel