Kodam V/Brawijaya

Sentra Galeri Seni Korem 081 di Bangunan Tua Eks Belanda

Oleh 16 Mei 2019 No Comments
Img 20190516 Wa0020
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Selain untuk memamerkan karya seni, Sentra Galeri Seni yang akan dibangun Korem 081/DSJ ditujukan untuk memanfaatkan bangunan unik eks Belanda sebagai sentra ekonomi bagi para Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di wilayah Madiun

Hal tersebut disampaikan Kapenrem 081/DSJ Mayor Arm T.M. Hartoyo, S.Pd., dalam rilis tertulisnya di Madiun, Rabu (15/5/2019).

Keinginan Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki tersebut diungkapkan saat dirinya didampingi Dandenzibang Madiun Mayor Czi N Jasmiali, melakukan peninjauan lokasi KPAD Bosbow yang terletak di Jalan Diponegoro Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (14/5/2019) kemarin.

“Kita akan bangun galeri kesenian di Komplek KPAD,” katanya.

Pemikiran Danrem itu muncul ketika meninjau salah satu bangunan yang sudah tua dan besar peninggalan jaman Belanda tahun 1912. Dimana bangunan tersebut dulunya digunakan sebagai gedung serbaguna, namun bangunan ini memerlukan perbaikan-perbaikan di beberapa bagian.

“Setelah kita perbaiki semuanya, terutama dinding-dindingnya, saya ingin bangunan ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai galeri kesenian,” ujarnya.

“Galeri ini nantinya akan menjual berbagai macam produk kerajinan atau seni, seperti batik, lukisan dan hasil kerajinan tangan lainnya,” tambah Kolonel Inf Masduki.

Baca juga:  Akmil Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi

Memang lanjut Danrem, butuh waktu untuk melakukan perbaikan tersebut, namun dirinya yakin bahwa semua itu akan terwujud apabila semua pihak bekerjasama dengan baik.

“Saya yakin apabila kita mau, pasti kita bisa melakukannya,” tutur Danrem.

Lulusan Akmil tahun 1992 ini berharap dengan adanya galeri tersebut, kedepan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya para Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) bidang kesenian.

Karena menurutnya, para UMKM-UMKM seperti itu memerlukan ruang atau fasilitas untuk lebih dapat memperkenalkan dan menjual berbagai hasil kerajinan mereka.

“Kita berharap, dengan adanya galeri itu, dapat membantu dan mengembangkan usaha para UMKM yang bergerak di bidang seni atau kerajinan dengan menjual berbagai barang-barang atau produk hasil mereka,” harapnya.

Selain Dandenzibang, tampak juga Pasilog Korem 081/DSJ Mayor Arh Wahyu dan Dankima Korem 081/DSJ Kapten Chb Ali Supangat turut mendampingi Danrem berkeliling melihat kondisi KPAD Bosbow. (Dispenad)

Berita Terkait

Komentar