Tips Kesehatan

Sudahkah Anda Mudik? atau Baru Bersiap untuk Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman

Oleh 31 Mei 2019 Juni 8th, 2019 Tidak ada komentar
Sudahkah Anda Mudik? atau Baru Bersiap untuk Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman
#TNIAD 

Bismillah, Pulang ke kampung halaman dimomen lebaran adalah hal yang menggembirakan, baik yang akan ke kampung halaman maupun keluarga besar yang ada dikampung halaman.

Pada kesempatan ini, Kami akan berbagi TIPS ketika Mau berangkat mudik.. Ada beberapa hal yang harus Anda pahami dan lakukan diwaktu awal keberangkatan, hingga akhir perjalanan.

Pernahkah Anda mengalami kejadian seperti ini? Ketika Anda dalam keadaan rutinitas, tiba-tiba dimana badan ‘tidur’ sesaat. Segala input dari indera penglihatan dan pendengaran tidak dapat diproses otak. Hal ini hanya terjadi  berdurasi antara *1 hingga 30 detik. Hal ini bisa terjadi walaupun mata masih terbuka. Seperti sebuah komputer, otak telah “shut down. Pernahkah hal ini terjadi ketika Anda sedang berkendara..

Pada kecepatan 70km/jam, selama 3 detik badan mengalami hal ini, bisa menyebabkan kendaraan nyasar tanpa kendali sejauh 200 meter. Dalam jarak 200 meter, nyawa bisa melayang dalam sekejap mata. Bayangkan apa yang terjadi apabila kenderaan berada pada kecepatan 100 km/jam.

Seringkali pengemudi menganggap dia kebal. “Kecelakaan terjadi pada orang lain, Aku kan pandai mengemudi, lagian mobilku dalam kondisi bagus kok.”

Keinginan untuk bersama keluarga tersayang yang terpisah sekian lama dijadikan motivasi untuk terus berkendara walaupun sudah terlalu mengantuk.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi kesehatan Anda, dan kondisi kendaraan yang akan dipakai mudik. Pastikan, semua dalam keadaan prima.

Hal kedua, usahakan membawa teman dalam perjalanan ini, Dan ketika dalam perjalanan ajak teman seperjalanan Anda untuk berbincang supaya mengusir rasa bosan yang pasti datang.

Buat Anda yang ada disamping pengemudi, Sekali-sekali lihat instrumen di dashboard,  Apakah berkendara terlalu cepat? Apakah ada lampu peringatan yang menyala? Bekerjasamalah dengan pengemudi, Supaya perjalanan ini aman dan nyaman untuk semua. (Jangan jadikan diri dan keluarga anda bahagian daripada statistik kecelakaan)

Istirahatlah jika dirasa mengantuk, Tidak perlu waktu lama cukup 5 menit untuk tidur guna mengistirahatkan mata Anda.

Hal selanjutnya, yang perlu diperhatikan, Bagi yang perjalanan jauh istirahatlah 2 jam sekali, Sangat tidak disarankan istirahat di dalam mobil yang dalam kondisi mesin nyala, dan kaca mobil tertutup. Jika memungkinkan, cari masjid atau tempat yang aman dan beristirahatlah disana.

Jangan mengonsumsi minuman bersoda atau kopi, Alangkah baiknya perbanyak konsumsi Air putih.

Semoga Mudik Anda ke kampung halaman tahun ini sangat lancar dan sesuai dengan harapan.. Dan semoga dengan bersama keluarga di kampung halaman, akan menjadikan keimanan, ketaqwaan kita semakin bertambah. Semoga tips yang sederhana ini bermanfaat untuk semua.

Tak lupa pula Kami, segenap pimpinan dan anggota Dewan Redaksi www.tniad.mil.id,  mengucapkan selamat menyambut bulan Syawal  1440 H/2019 M, bulan penuh berkah serta kemenangan bagi saudara-saudara  semua yang menjalankan.

Sambutlah hari kemenangan dengan bahan paling baik. Bahan kesabaran dengan benangnya kesucian. Dihiasi dengan keikhlasan yang dijahit sebulan. Selamat Lebaran mohon maaf atas segala kesalahan. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel