Kodam XII/Tanjungpura

Sukarela, Warga serahkan Senpi ke Koramil Sungai Raya

Oleh 17 Mei 2019 Tidak ada komentar
Img 20190517 Wa0000
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id –
Berkat sosialiasi tentang resiko kepemilikan senjata oleh Babinsa, warga Dusun Sumbaw serahkan 1 pucuk Senjata Api (Senpi) rakitan kepada Koramil 1202-06/Sungai Raya.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1202/ Singkawang Letkol Arm Victor J.L Lopulalan,S.Sos dalam rilis tertulisnya di Singkawang, Kamis (16/5/2019).

Diungkapkan Dandim, penyerahan Senpi dari warga Dusun Sumbawa tersebut kepada Danramil 1202-06/SR, Kapten Inf Sujarno dan didampingi Babinsa.

” penyerahan (Senpi) tersebut berawal dari kegiatan sosialisasi tentang bahaya dan resiko kepemilikan Senpi secara ilegal” ujar Victor.

“ Sadar hal itu, maka warga tersebut tergerak atas kesadaran sendiri menyerahkan Senpi Laras panjang miliknya ke Koramil,”imbuhnya.

Dikatakan Victor, penyerahan Senpii secara kesadaran dari warga tersebut juga menunjukkan bahwa mereka telah mulai merasakan aman dan nyaman serta tumbuh kesadaran untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Singkawang.

“Juga bukti bahwa antara TNI dan Rakyat memiliki kesamaan visi dan persepsi dalam menjaga keamanan wilayah itu merupakan tanggung jawab bersama,” jelas Victor.

“Itu tidak terlepas dari upaya Babinsa kita dalam menyampaikan pesannya agar diterima warga dengan baik,”imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa dalam berbagai kesempatan para Danramil dan Babinsa untuk selalu mengingatkan mana yang diijinkan dan mana dilarang kepada warga di manapun berada.

” Kita kedepankan upaya persuasif dan kekeluargaan dengan tujuan untuk menjaga stabilitas kondisi keamanan dan ketahan wilayah,”imbuhnya

Menurut Victor, pada dasarnya setiap warga sudah mulai sadar sehingga secara berangsur-angsur mereka telah menyerahkan Senpi ke satuan jajarannya.

“Kepemilikan Senpi ilegal maupun rakitan merupakan pelanggaran hukum dan juga dapat menimbulkan potensi konflik ditengah masyarakat“ tambahnya .

Dengan adanya penyerahan Senpi itu, Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada warga dan Danrmail maupun Babinsa.

“Serta menghimbau kembali agar seluruh warga dapat bekerjasama dengan satuan jajarannya dalam menjaga keamanan dan ketahanan wilayah Singkawang,” ucapnya

“Bagi mereka yang masih menyimpan, kita ajak untuk menyerahkannya ke kami. Mari bersama -sama ciptakan kondisi wilayah yang kondusif, rukun, agen dan sejahtera,’ pungkasnya.(Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel