Dinas Penerangan

Wujudkan Generasi Cerdas, Satgas Yonmek 741 Bangun Taman Baca di Perbatasan RI-RDTL

Oleh 07 Mei 2019 No Comments
Whatsapp Image 2019 05 07 At 13.14.49
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Pembangunan Taman Baca Satgas Yonmek 741/GN sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan minat baca masyarakat dan anak-anak, sekaligus mewujudkan generasi cerdas dan kompetitif di wilayah Perbatasan RI-RDTL, khususnya warga Dusun Nelu.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yomek 741/GN Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol., dalam rilis tertulisnya di Timur Tengah Utara (TTU), Selasa (7/5/2019).

Hendra mengungkapkan, dengan mengenalkan budaya baca kepada masyarakat adalah salah satu cara untuk menghidupkan masyarakat yang produktif, sebab kita dituntut untuk terus aktif dan bergerak terutama pada era modern seperti saat ini.

Whatsapp Image 2019 05 07 At 13.14.51

‘’Dengan membaca secara rutin akan mampu memberikan dampak positif, terutama dalam hal menambah wawasan dan pengetahuan,’’ ujarnya.

‘’Membaca mampu mencerdaskan masyarakat, mampu membangun Sumber Daya Manusia Indonesia,’’ tegasnya.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan untuk memeriahkan pembukaan Taman Baca tersebut, diadakan berbagai kegiatan, diantaranya penyerahan buku kepada masyarakat dan perlombaan anak-anak hingga dewasa.

“Untuk anak-anak, selain perlombaan mewarnai, mereka juga dapat mengikuti lomba lari jarak 25 meter, sementara pelajar dan dewasa dapat mengikuti perlombaan menggambar dan mewarnai dengan tema Satgas Yonmek 741,’’ lanjutnya.

Dirinya berharap, melalui Taman Baca in, dapat bernilai positif bagi masyarakat sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri, sebagai sumber informasi yang bersumber dari buku dan juga sebagai sarana hiburan (rekreatif) di waktu senggang warganya.

Hal senada juga disampaikan Danpos Nelu, Letda Inf Deni Rahman bahwa tujuan pembangunan Taman Baca adalah untuk membangkitkan minat baca masyarakat Dusun Nelu sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,’’ ungkapnya.

Menurutnya Taman Baca ini merupakan program lama yang telah direncanakan Pos dengan warga Nelu, hal ini baru terlaksana dikarenakan padatnya kegiatan Satgas maupun warga sekitar dalam proses pengerjaan pembangunan Taman Baca.

‘’Semoga Taman baca ini dapat bermanfaat bagi warga dan besar harapan kami bagi warga untuk dapat menjaga dan merawat buku-buku ini, sehingga masa pakainya akan semakin panjang,’’ pungkasnya.

Terpisah, Yoneta Maria Oematan yang sehari-hari bekerja sebagai guru PAUD mengucapkan rasa terima kasihnya atas program Taman Baca yang digagas oleh Pos Nelu Yonmek 741/GN.

‘’Terima kasih atas prakarsa Pos Nelu dalam membuat Taman Baca ini, kami yakin buku-buku ada akan bermanfaat bagi kami yang ada di Dusun Nelu,’’ ujarnya.

‘’Semoga segala usaha dan kerja keras anggota Pos Nelu selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa,’’pungkasnya. (Dispenad)