Kostrad

Yonif 328 Ubah Desa Kriko Jadi Kampung Merah Putih

Oleh 25 Mei 2019 Tidak ada komentar
Img 20190525 Wa0015
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Desa Kriko yang terletak di Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Jayapura, Papua, sebelumnya terkenal dengan maraknya peredaran narkoba dan miras, namun setelah Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH bertugas di kampung tersebut, kini telah berubah menjadi desa yang humanis, setelah diresmikannya menjadi Kampung Merah Putih.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han)., dalam rilis tertulisnya, di Keerom, Papua, Jumat (24/5/2019).

Diungkapkan Dansatgas, pada awalnya desa ini merupakan desa yang tingkat kriminalnya tinggi sekali, apalagi peredaran narkoba dan miras sudah menjadi hal yang biasa dijumpai disana.

“Melihat situasi seperti ini, kita (Satgas) secara perlahan tapi pasti ingin mengubah image tersebut dengan menyentuh satu persatu warga agar menjauhi perbuatan yang melanggar hukum,”ujarnya.

“Awalnya tidak mudah, tapi berkat semangat pantang menyerah dalam membina dan memberi pemahaman kepada warga, kehadiran TNI (Satgas 328) makin diterima warga bahwa yang dikerjakan prajurit untuk kepentingan mereka juga,”jelas Erwin Iswari.

Kini tambahnya, seiring berjalannya waktu, tingkat kesadaran masyarakat pun bertambah, dulunya tindak kriminal tinggi, sekarang menjadi desa yang penuh jiwa sosial dan humanis.

“Dan akhirnya setelah 5 bulan bertugas, prajurit Pos Kriko yang dipimpin Lettu Inf Herlansyah bersama dengan warga dan bekerjasama dengan BRI Cabang Abepura membuat Desa Kriko menjadi merah putih, bukan hanya desanya saja tetapi warganya juga,” ucapnya.

Peresmian pun diawali dengan pemotongan rotan oleh Dansatgas Yonif 328/DGH, Mayor Inf Erwin yang disambut dengan tarian adat selamat datang oleh warga Kriko dengan diiringi nyanyian lagu-lagu nasional yang dinyanyikan oleh anak-anak SD.

Sementara itu Kepala Kampung Kriko, Frengky Bewangkir (52) mengucapkan terima kasih kepada Satgas atas pembinaan, bimbingan dan kerja samanya dapat menjadikan kampung ini menjadi salah satu contoh desa teladan.

“Kami sangat senang dengan diresmikannya kampung Merah Putih ini, harapan kami ke depannya Desa Kriko bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya yang ada di Arso Timur ini,”tuturnya.

Kegiatan peresmian Kampung Merah Putih ini diakhiri dengan pemberian sembako dari Satgas kepada warga Desa Kriko. Hadir dalam kegiatan ini, Danramil 1701-04 Arso Timur, Mayor Chk (K) Anna Yoku, Ondoafi Desa Kriko, Bapak Eliza Bewangkir, Ketua Adat Desa Kriko dan seluruh Warga Desa Kriko. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel