Kostrad

Yonif 521/DY Wujudkan Ketahanan Pangan di Kampung Bupul

Oleh 27 Mei 2019 Tidak ada komentar
IMG-20190527-WA0054
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka mendukung mewujudkan swasembada ketahanan pangan Nasional, Satgas Pamtas Yonmek 521/DY mengajak warga untuk memanfaatkan lahan kebun yang di sulap menjadi lahan pertanian di Kampung Bupul.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonmek 521/DY, Letkol Inf Andi A. Wibowo, dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis perbatasan Atambua, NTT. Senin (27/5/2019)

Dijelaskan oleh Andi bahwa kegiatan yang dilakukan oleh personel Satgas tersebut, untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya menggantungkan hidupnya dari berburu menjadi petani.

“Kita berupaya membantu warga untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dari hasil pertanian dengan memanfaatkan lahan yang ada,” jelas Andi.

Kampung Bupul yang merupakan bagian dari Kabupaten Merauke. Pada tahun 2016 pernah dikabarkan mengalami bencana kelaparan yang banyak menyebabkan warga setempat kekurangan gizi.

Bencana tersebut, ucap Andi, dikarenakan tidak adanya kemampuan untuk menghasilkan makanan, akan tetapi bergantung dari alam dengan cara berburu binatang.

“Oleh karena itu, kami selaku Satgas berupaya membantu dengan cara memberikan pelajaran cara bercocok tanam kepada warga Kampung Bupul,” tuturnya.

“Tanaman yang kita tanam berupa padi, ketela maupun jagung,” imbuhnya.

Nantinya, diharapkan hasil dari lahan pertanian tersebut, selain dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Juga dapat dimanfaatkan untuk membantu perekonomian masyarakat Kampung Bupul.

“Selain untuk makan, hasilnya kan bisa juga dijual ke pasar,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel