Kodam IX/Udayana

Berdayakan Potensi Wilayah, Babinsa Ramlin Ajak Warga Membuat Kopra

Oleh 17 Jun 2019 Tidak ada komentar
Berdayakan Potensi Wilayah, Babinsa Ramlin Ajak Warga Membuat Kopra
#TNIAD 

JAKARTA. tniad.mil.id,- Melihat potensi di wilayah Namlea yang banyak ditanami pohon kelapa, guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Babinsa Koramil 1506-02/Leksula, Sertu Ramlin mengajak masyarakat untuk membudidayakan Kopra.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1506 Namlea, Letkol Inf Syarifuddin Azis dalam keterangan tertulisnya di Namlea, Maluku. Senin (17/6/2019).

Diungkapkan Syarifuddin, Babinsa bukan hanya bertugas mengayomi masyarakat dalam memberi keamanan, namun Babinsa juga memiliki peranan penting dalam membantu, dan mendampingi kesulitan rakyat binaannya.

‘’Apa dilakukan Ramlin, adalah salah satu kepekaan dari seorang Babinsa dalam melihat peluang yang akan diperbuat, untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakatnya,’’ ujarnya.

‘’Dengan melihat potensi wilayahnya, ia mampu menggerakan warga binaannya untuk mengembangkan pembuatan kopra, dengan cara memberikan pemahaman, bagaimana cara menghasilkan kualitas kopra yang baik,’’ terangnya.

Selain itu juga, lanjut Dandim, kegiatan yang dilakukan bersama warganya, merupakan salah satu sarana yang paling mudah untuk mempererat tali silaturahmi dan menjaga hubungan yang baik dengan lapisan masyarakat yaitu dengan Komunikasi Sosial (Komsos).

“Semoga apa yang telah dirintis Sertu Ramlin, menjadikan inspirasi bagi Babinsa lainnya di lingkungan Kodim 1506 Namlea, dan sekaligus pula dapat meningkatkan perekonomian warga binaannya,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Ramlin mengatakan di wilayah Namlea pada khususnya, sangat banyak pembuat kopra tradisional dikarenakan banyaknya pepohonan kelapa yang merupakan bahan dasar pembuatan kopra.

‘’Para pembuat kopra kita berikan pemahaman, mulai teknik pengeringan yaitu dengan penjemuran matahari, penjemuran bertudung plastik, pengasapan, dan pengovenan sampai dengan tahap produksi,’’ ungkapnya.

‘’Mudah-mudahan, dengan kehadiran kita dapat menciptakan hubungan yang baik, khususnya antara TNI dengan masyarakat dan juga turut serta dalam membantu pelaksanaan tugas pokok sebagai seorang Babinsa,’’ tandasnya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel