Kostrad

Berkah Ramadan, Satgas Yonif 126 Hadirkan Listrik di Perbatasan RI-PNG

Oleh 04 Jun 2019 Tidak ada komentar
IMG-20190604-WA0023
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk berbagi berkah di Bulan Ramadan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC hadirkan listrik dengan memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tidak berfungsi selama lebih dua tahun di Dusun Kalibom, Kampung Kalifam.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 126/KC, Letkol Inf Mulyo Junaidi, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Selasa (4/6/2019).

Diungkapkan Dansatgas bahwa melihat kondisi dan adanya permintaan dari masyarakat untuk memperbaiki PLTS yang dibangun tahun 2016 dari program pemerintah yang mangkrak di wilayah RI-PNG ini. Mengakibatkan warga tidak mendapatkan aliran listrik.

“Perbaikan PLTS di Dusun Kalibom ini adalah yang ketiga diperbaiki oleh Satgas Yonif 126 yang sebelumya telah berhasil memperbaiki PLTS Kampung Ampas dan PLTS Kampung Banda,” ungkap Mulyo.

“Kondisi Dusun Kalibom dengan jumlah warga 60 KK hampir dua tahun tidak dapat menikmati listrik, sebagian masyarakat yang mampu menggunakan genset yang harus mengeluarkan biaya untuk membeli BBM dan yang tidak mampu terpaksa gelap gulita,” imbuhnya.

Untuk memperbaiki PLTS tersebut, prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC yang dipimpin Letda Chb F. Munthe beserta lima orang personel turun ke lokasi selama enam hari melaksanakan pengerjaan PLTS.

Proses pengerjaan dilaksanakan mulai pemeriksaan komponen, penyolderan dan mengganti komponen yang rusak, setelah PLTS hidup dilaksanakan penyambungan instalasi listrik ke rumah warga yang sudah banyak di copot dan putus akhirnya lampu dapat terang ke rumah warga.

“Perbaikan PLTS ini adalah sebagai bentuk kehadiran prajurit TNI di wilayah perbatasan untuk membantu kesulitan masyarakat dan mewujudkan permintaan warga Kalibom yang sangat mengharapkan kehadiran listrik di kampung mereka,” tegas Mulyo.

Alumni Akmil tahun 2001 itu juga menambahkan, PLTS ini disamping mengaliri listrik ke rumah warga sekitar 60 KK juga mengaliri listrik ke sekolah SMP dan SMA yang ada di Dusun Kalibom ini.

“Listrik ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan anak-anak sekolah karena di Kampung Kalibom ini berdiri sekolah SMP dan SMA,” ujarnya.

“Kini Dusun Kalibom tidak seperti malam-malam sebelumnya yang gelap setiap rumah telah terang dan lampu jalan telah memancarkan cahaya,” tambahnya.

Dengan adanya perbaikan PLTS yang dilakukan oleh Satgas Yonif 126/KC. Dansatgas pada saat melakukan kunjungan disambut gembira oleh Kepala Kampung, tokoh agama, tokoh adat dan warga dengan tarian dari Suku Fermanggem. Kunjungan Dansatgas ini sekalian menyerahkan kunci PLTS kepada warga Kalibom.

Kepala Kampung Kalifam Adrianus Tawa menyampaikan sangat berterima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 126/KC yang telah mewujudkan permintaan warga dusun Kalibom untuk menghidupkan lampu.

“Sekarang listrik di Dusun Kalibom telah kembali terang selama 24 jam, masyarakat tidak menggunakan genset atau lampu pelita lagi,” ujarnya.

“Sudah hampir dua tahun kampung kami gelap, di malam hari kami tidak dapat melaksanakan aktivitas, jam lima sore anak-anak sudah pada tidur,” sambungnya.

Senada dengan Kepala Kampung, Pengurus PKK Mama Yohana juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Yonif 126 dan puji syukur kepada Tuhan.

“Sekarang lampu dapat menyala kembali, malam hari bisa bekerja untuk masak dan malam hari anak-anak sudah memegang buku,” pungkasnya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel