Kostrad

Dua Tahun Gelap Gulita, Satgas Yonif 301 Hadirkan Cahaya di Melancau

Oleh 19 Jun 2019 Tidak ada komentar
Dua Tahun Gelap Gulita, Satgas Yonif 301 Hadirkan Cahaya Di Melancau
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Satgas Pamtas Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang berhasil mengoperasikan kembali Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), setelah dua tahun tidak beroperasi karena mengalami kerusakan di Dusun Melancau

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif R 301/PKS, Letkol Inf Andi Hasbullah, dalam rilis tertulisnya pada awak media di Pos Kotis Nangau Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (19/6/2019).

Menurut Dansatgas, PLTS tersebut sudah pernah diperbaiki dari beberapa pihak, namun belum membuahkan hasil yang maksimal dengan tetap tidak dapat dioperasionalkan. Warga Dusun Melancau sangat berharap kepada Satgas Yonif 301, untuk dapat memperbaiki PLTS agar bisa beroperasi kembali sehingga dapat membantu penerangan pada malam hari untuk warga.

“Adanya permintaan warga kepada Pos Satgas, maka dibentuklah Tim yang diperintahkan oleh Danpos Sungai Mawang, Letda Inf Pendik beserta 5 orang teknisi yang diketuai oleh Bakom Serda Ahmad Asikin yang sudah berpengalaman memperbaiki PLTS,” ucap Andi.

Dikatakan juga oleh Andi, PLTS yang memiliki kapasitas 11000 Kwh dan kelengkapan solar panel 21 buah, aki 24 buah, inverter satu set, panel distribusi AC/DC satu set, solar charge control satu set tersebut, selama dua tahun ini rusak. Yang mengakibatkan sebanyak 48 KK warga Dusun Melancau selama dua tahun menghabiskan malam dengan kondisi gelap gulita.

“Padahal PLTS ini sangat strategis bagi warga yang paling dekat dengan batas Negara dan sangat dibutuhkan oleh 48 KK,” kata Andi.

“Saat kondisi gelap gulita, anak-anak sekolah tidak dapat belajar pada malam hari. Meskipun ada warga yang memiliki Genset, namun hal ini semakin menambah beban kehidupan warga karena diharuskan mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli solar. Sebagian lagi hanya bisa menggunaan lampu tradisional,” tandasnya.

Tahap awal yang dilakukan dengan memeriksa satu persatu komponen PLTS, dimana diketahui beberapa perangkat seperti panel DC rusak sehingga tidak bisa mengisi baterai charger, kabel saluran instalasi yang sudah dimakan usia serta penambahan sambungan instalasi yang salah sehingga berpengaruh terhadap operasional PLTS.

Setelah diadakan perbaikan selama 2 minggu oleh Tim yang dibentuk tersebut, akhirnya Satgas Yonif Raider 301/PKS berhasil memperbaiki dan mengaktifkan lagi PLTS tersebut. Setelah PLTS dapat beroperasi, dilanjutkan dengan memasang kembali sambungan kabel listrik ke rumah warga, sehingga saat ini warga Dusun Melancau telah dapat menikmati cahaya di malam hari.

“PLTS ini agar dipelihara dan dirawat agar tetap dapat dinikmati oleh warga Dusun Melancau untuk jangka waktu yang panjang,” pesan Andi.

“Semoga dengan berfungsinya kembali PLTS di Dusun Melacau ini, dapat membuktikan bahwa meskipun sederhana namun peran TNI dapat benar-benar dirasakan oleh rakyat khususnya warga perbatasan,” tambahnya.

Sementara Kepala Dusun Melancau, Manaf mewakili warganya mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 301/PKS yang telah memperbaiki PLTS, sehingga warga dapat menikmati listrik kembali.

“Kami tidak bisa memberikan apa-apa, kami hanya mampu berdoa semoga Prajurit Yonif Raider 301 selalu dilindungi Tuhan dalam melaksanakan tugas dan selalu berhasil,” tutupnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel