Kodam XII/Tanjungpura

Gerakan Satu Juta Jamban, Kodim Singkawang Wujudkan Sungai Raya Sehat

Oleh 27 Jun 2019 Tidak ada komentar
Gerakan Satu Juta Jamban, Kodim Singkawang Wujudkan Sungai Raya Sehat
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Menuju Indonesia sehat 2020, Kodim 1202 Singkawang wujudkan keinginan warga masyarakat Sungai Raya untuk hidup lebih sehat melalui program pembangunan satu juta jamban.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1202/Skw, Letkol Arm Viktor J.L Lopulalan, dalam rilis tertulisnya di Makodim 1202/Skw, Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Diungkapkan Viktor, program jambanisasi ini diperuntukan bagi warga masyarakat kurang mampu yang dilaksanakan oleh jajaran Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil).

“Ini merupakan upaya TNI AD untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan program Indonesia Sehat 2020, melalui Gerakan 1 Juta Jamban,” katanya.

Khusus Kodim Singkawang, lanjutnya, dalam pelaksanaan program jambanisasi tersebut melibatkan semua jajaran Koramilnya. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1202-06/Sungai Raya, Serda Herkules, melakukan pembuatan jamban di rumah Dulhadi (62) yang tinggal di Desa Pangkalan 1, Kecamatan Sungai Raya Kab. Bengkayang, Kalbar, Selasa (25/6/2019).

“Kita pilih rumah Dulhadi karena belum memiliki jamban yang layak. Ini berdasarkan hasil pendataan awal yang dilakukan oleh Babinsa,” ujarnya.

Akibat keterbatasan ekonomi, lanjut Viktor, Dahlan terpaksa membuang hajat tidak pada tempatnya. Ditambah lagi keterbatasan kemampuan untuk membuat jamban dan minimnya pengetahuan kesehatan lingkungan.

“Pentingnya jamban yang layak pakai merupakan bentuk kepedulian terhadap sanitasi di lingkungan masyarakat,” tutur Viktor.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan ini merupakan wujud Karya Bakti TNI dalam membantu kepentingan masyarakat. Meliputi bidang fisik dan non fisik guna memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Ia pun berharap melalui program jambanisasi tersebut, warga masyarakat, khususnya warga Sungai Raya akan lebih memahami tentang pola hidup sehat.

“Saya berharap dengan adanya jamban ini, akan merubah kebiasaan lama warga, sehingga pola hidup sehat warga akan terwujud,” tandasnya.

Atas pembangunan jamban di rumahnya, Dulhadi sangat senang dan mengucapkan terima kasihnya kepada TNI, terkhusus Babinsa.

“Saya senang dan bahagia, akhirnya saya sekeluarga punya jamban baru,” ucapnya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel