Puspen TNI

Komandan PMPP TNI : Kunjungan Wasekjen PBB Bukti Nyata Indonesia Aktif Jaga Perdamaian Dunia

Oleh 26 Jun 2019 Tidak ada komentar
Komandan Pmpp Tni : Kunjungan Wasekjen Pbb Bukti Nyata Indonesia Aktif Jaga Perdamaian Dunia
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id,- Kunjungan Wasekjen PBB ke PMPP TNI adalah sebuah investasi nyata dalam membantu TNI meyakinkan dunia bahwa Indonesia sangat siap dan serius untuk berperan aktif dalam perdamaian dunia.

Hal itu disampaikan Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian TNI (Dan PMPP TNI) Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus saat menerima kunjungan kehormatan United Nation Under Secretary General Peacekeeping Operation (UN USG PKO), Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Pasukan Pemelihara Perdamaian, Mr Jean Pierre Lacroix di Markas Komando PMPP TNI, Bukit Merah Putih, Sentul, Bogor Selasa (25/6/2019).

Saat menerima Waskjen PBB, dirinya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan kehormatan Mr Jean Pierre Lacroix. Kunjungan kehormatan ini menjadi momentum penting bagi TNI khususnya dalam upaya meningkatkan peran para prajurit pemelihara perdamaian untuk berperan aktif dalam perdamaian dunia.

Sementara itu Mr Jean Pierre Lacroix menyatakan apresiasi dan keyakinannya bahwa Indonesia bukan saja hanya mampu mempersiapkan pasukan pemelihara perdamaian, lebih dari itu Indonesia dapat menjadi model dan tempat berbagi pengalaman bagi negara negara di kawasan dalam upaya mempersiapkan pasukan mereka untuk berpartisipasi dalam menjaga perdamaian dunia.

Dalam sesi briefing kepada pasukan Stand by Force TNI, Mr Jean Pierre Lacroix menyampaikan bahwa tantangan tugas pemelihara perdamaian pada saat ini sudah sangat komplek dan dinamis. Oleh sebab itu, pre-deployment training bagi pasukan pemelihara perdamaian sangat krusial dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan di lapangan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kehadiran para prajurit wanita pemelihara perdamaian dalam mengemban tugas sebagai pasukan perdamaian sangat diperlukan pada saat ini. Indonesia dalam hal ini telah berhasil menugaskan para prajurit wanita pemelihara perdamaian dengan sangat baik. “Mereka sangat profesional dan dapat membantu tujuan operasi perdamaian dengan efektif,’’ ucapnya.

Saat akan menutup amanatnya, ia menyampaikan bahwa Indonesia sangat siap dan profesional dalam menerjunkan pasukannya dalam misi perdamaian PBB, sehingga hal ini menjadi referensi bagi negara negara lain dalam melakukan penyiapan pasukan perdamaian.

Turut hadir dalam diantaranya UN Resident Coordinator United Nations Office in Indonesia Ms. Anita Nirody, UN Liaison Officer to ASEAN, Asia-Pacific Division of the UN Departments of Political and Peacebuilding Affairs and Peace Operations Mr. Mark Harris, Special Assistant to the United Nations Under-Secretary-General for Peacekeeping Operations Mr. Alexis Berthier, dan Head of Indonesia Country Office of the United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs Ms. Victoria Saiz. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel