Kodam XII/Tanjungpura

Tiga Hari Susuri Bukit Terjal, Satgas 301 Bangun Saluran Air Bersih di Perbatasan

Oleh 22 Jun 2019 Tidak ada komentar
Tiga Hari Susuri Bukit Terjal, Satgas 301 Bangun Saluran Air Bersih Di Perbatasan
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Atasi kesulitan air bersih di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif R 301, selama tiga hari susuri perbukitan terjal guna membangun saluran air bersih bagi warga masyarakat di Desa Kantuk Aping, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar).

Hal itu disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia, Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Andi Hasbullah, dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis Nanga Badau, Kapuas Hulu, Kalbar.

Dijelaskan Andi, Desa Kantuk Aping merupakan salah satu desa binaan Pos Kantuk Asam Satgas Pamtas 301, yang berjarak 8 Km dari Pos.

Selama ini, ungkap Andi, warga masyarakat di desa tersebut kesulitan untuk mendapatkan air bersih, apalagi saat musim kemarau tiba.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, ujar Andi, warga mengandalkan dari sumber air bersih utama yang berasal dari sebuah sungai dengan jarak 1 Km dari Desa.

“Jika sungai kering, maka mereka harus pergi ke sumber mata airnya langsung untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, yang berjarak 6 Km dari pemukiman warga,” ungkapnya.

Karena sulitnya air bersih, lanjutnya, banyak warga yang mengeluh, sehingga kita berinisiatif membangun saluran air bersih sebagai upaya Satgas dalam membantu kesulitan warga Desa Kantuk Aping.

“Dari keluhan warga, personel Pos Kantuk Asam berinisiatif mengajak warga untuk membuat saluran air bersih beserta sanitasinya,” kata Andi.

Lulusan Akmil 2001 ini mengungkapkan, upaya ini pun di respon positif oleh warga, dengan menggelar musyawarah sebelum pelaksanaan dimulai.

“Kita bersyukur selama tiga hari bergotong royong, akhirnya pembangunan saluran air bersih berhasil diselesaikan dan sudah dapat dialirkan ke pemukiman warga,” ujar Dansatgas.

Andi menegaskan, apa yang dilakukan Satgas Yonif R 301 adalah salah satu wujud kepedulian kita dalam membantu kesulitan warga, terutama di daerah penugasan.

“Kami sebagai Satgas Pamtas akan senantiasa berbuat yang terbaik demi kesejahteraan rakyat,” tegas Dansatgas.

Atas tergelarnya saluran air bersih itu, Kepala Desa (Kades) Kantuk Asam Bambang mengucapkan terima kasih kepada satgas.

Bambang mengaku, berkat kerja keras Satgas, sekarang warga pun tidak perlu berjalan berkilo-kilo meter jauhnya untuk mengambil air bersih.

“Sekarang air bersih sudah mengalir sampai ke rumah-rumah warga,” kata Kades.

Senada dengan Kades, Hada salah satu warga Kantuk Aping, juga mengutarakan rasa bangga dan senangnya karena air bersih sudah ada di rumahnya.

“Dengan pembangunan ini kita tak lagi khawatir masalah air bersih, dan juga tidak susah-susah lagi harus mengambil air di sungai,” ucapnya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel