Kodam XII/Tanjungpura

Cegah Longsor Susulan, Koramil Tarakan dan Warga Bangun Tanggul Jalan

Oleh 04 Jul 2019 Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk mencegah terjadinya longsor susulan sekaligus antisipasi bahaya bagi pengguna jalan, personel Koramil 04 Tarakan bersama warga membangun tanggul penahan dari karung berisi pasir, di sepanjang jalan yang terkena longsor di Juata Laut, Tarakan Utara.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0907/Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto, dalam rilis tertulisnya di Tarakan, Kalimantan Utara (Kalut), Kamis (4/7/2019).

Diungkapkan Eko, pada Minggu lalu, Danramil 04 Tarakan Kapten Inf Fakih bersama anggoranya dibantu warga dan instansi terkait lainnya, menggelar karya bakti pembuatan tanggul penahan jalan, akibat sebagian jalan di RT. 05 Kelurahan Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara, terkena longsor.

Mantan Danyonif 501 Kostrad ini pun menjelaskan, longsor tersebut kemungkinan akibat pondasi tanah yang sudah tidak stabil, ditambah gerusan air pasang saat curah hujan tinggi.

“Akibat tanah yang labil dan gerusan air hujan, penyebab jalan di tikungan longsor,” katanya.

Pembuatan tanggul ini, lanjut Eko, merupakan salah satu cara efektif untuk pelindung jalan, sekaligus upaya penahan untuk mencegah timbulnya longsor susulan.

“Selain untuk pelindung jalan, tanggul ini juga untuk mengantisipasi longsor susulan sekaligus mencegah bahaya bagi si pengguna jalan,” tegasnya.

Lulusan Akmil 2001 menyampaikan, kegiatan seperti ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI AD kepada masyarakat secara langsung. Karena ujar Dandim, sudah menjadi kewajiban setiap anggota TNI untuk senantiasa menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya.

“Salah satu kewajiban TNI adalah menjadi contoh dan mempelopori, sesuai dengan tercantum dalam Delapan Wajib TNI,” jelasnya.

Ia pun meyakini, dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat mempererat tali silaturahmi antara warga dengan TNI.

“Kegiatan ini selain pererat silaturahmi, namun juga membudayakan budaya gotong-royong,” tandasnya.
Selanjutnya Ia menghimbau kepada warga, agar selalu waspada dan berhati-hati apabila melewati jalan tikungan tersebut, terlebih saat hujan.

“Pesan saya pada warga, supaya waspada dan hati-hati saat melewati jalan tersebut, terutama saat turun hujan,” pesannya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel