Pasukan GarudaPenugasanLuar Negeri

Percepat Perdamaian, Satgas Indo RDB Bangun Pasar Garuda Soko di Lwakato

Oleh 08 Jul 2019 Tidak ada komentar
Percepat Perdamaian, Satgas Indo Rdb Bangun Pasar Garuda Soko Di Lwakato
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk mempercepat proses perdamian antara Suku Bantu dan Suku Twa, yang sempat terpecah akibat pertikaian, Satgas Indo RDB MONUSCO bangun Pasar Tradisional “Garuda Soko” di Desa Lwakato, Tanganyika, Republik Demokratik Kongo.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Indo RDB XXXIX-A MONUSCO, Kolonel Inf Dwi Sasongko, dalam rilis tertulisnya di Kalemie, Tanganyika, Senin (8/7/2019).

Dwi mengungkapkan, Pasar Tradisioanal yang di berinama “Garuda Soko,” itu, dibangun di atas lahan milik warga di Desa Lwakato, yang berjarak 20 Km dari Combat Operation Base (COB) Manono.

“Selama 4 hari, pasar itu dibangun personel Satgas Indo RDB yang dipimpin Kapten Pas Kurniawan Tuharea, bersama warga setempat,” ucapnya.

Adapun maksud dari pembangunan pasar itu, tutur Dwi, untuk merekatkan kembali jalinan komunikasi dan persaudaraan antar kedua suku yang sempat terpecah akibat pertikaian beberapa waktu lalu.

“Pasar ini sebagai sarana berkumpul dan bersosialisasi antara mereka, untuk menghapuskan perselisihan diantara kedua suku tersebut,” katanya.

Selanjut Dwi menjelaskan, pembangunan pasar ini adalah bagian dari kegiatan Civil and Military Coordination (CIMIC) yang rutin digelar oleh personel Satgas Indo RDB.

“Kita rutin melakukan kegiatan CIMIC, untuk membantu warga,” ujarnya.

Lebih lanjut lulusan Akmil 1998 ini mengungkapkan bahwa, selain membangun pasar tradisional, Personel Satgas juga memberikan materi tentang pengenalan huruf alfabet dan matematika sederhana kepada anak-anak.

“Ini kita bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis warga Desa Lwakato,” tegasnya.

“Ini juga merupakan permintaan khusus dari kedua suku yang disampaikan saat acara penyerahan senjata perang dari Ex-Combatan kepada Satgas Indo RDB,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan dari kepala suku Bantu Mr. Darius, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Indo RDB MONUSCO atas terealisasinya pembangunan pasar dan pemberian materi pengenalan huruf alfabet, serta matematika sederhana.

“Atas nama seluruh warga desa, saya mengucapkan terima kasih. Semoga kedepan dengan kehadiran Indo RDB daerahnya akan lebih aman,” pungkasnya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel