Pasukan Garuda

Tempuh 79 Km, Satgas Indo RDB MONUSCO Bantu Atasi Krisis Air di Kongo

Oleh 25 Jul 2019 Tidak ada komentar
Tempuh 79 Km, Satgas Indo Rdb Monusco Bantu Atasi Krisis Air Di Kongo
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Meski harus menempuh jarak yang cukup jauh (79 km), akhirnya Satgas Indo RDB MONUSCO berhasil membantu warga Kongo di Desa Busolo berupa distribusi air bersih.

Demikian disampaikan Komandan Satgas TNI Konga XXXIX-A RDB MONUSCO (Indo RDB MONUSCO) Kolonel Inf Dwi Sasongko, dalam rilis tertulisnya di Kongo, Kamis (25/7/2019).

Dijelaskan Dwi, sebanyak 79 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di Desa Busolo, menerima distribusi air bersih dari Satgas Indo RDB MONUSCO. Desa Busolo itu sendiri, berjarak 79 km dari Combat Operation Base (COB) yang berada di Kota Manono, Provinsi Tanganyika, Republik Demokratik Kongo.

Proses pendistribusian tersebut lanjutnya, dilakukan bersamaan dengan kegiatan Civil and Military Coordination (CIMIC) yang dipimpin oleh Kapten Inf Sukilan pada Rabu 24 Juli 2019.

“Ini merupakan wujud kepedulian Satgas Indo RDB untuk membantu mengatasi kesulitan warga dalam mendapatkan air bersih di wilayah Desa Busolo,” katanya.

“Khususnya saat ini di negara Republik Demokratik Kongo sedang dilanda musim kemarau panjang,” tambah Kolonel Dwi Sasongko.

Dwi menuturkan, selama proses pendistribusian air bersih tersebut, warga nampak antusias langsung menyiapkan wadah berupa ember dan bak penampungan air lainnya sebagai tempat air bersih.

“Selama proses pendistribusian berjalan lancar, warga dengan tertib dan antri menunggu giliran pembagian air bersih dari anggota kita,” papar Dwi.

Sementara itu, kata lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1998 ini, kegiatan CIMIC yang digelar Satgasnya di desa tersebut meliputi Medical Assistance, Pschology Treatmeent dan Smart Library. Sekaligus melaksanakan pertemuan dengan Kepala Desa, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat sekitar Desa Busolo.

Tempuh 79 Km, Satgas Indo Rdb Monusco Bantu Atasi Krisis Air Di Kongo

“Sebenarnya kegiatan CIMIC ini bertujuan untuk monitoring wilayah, sekaligus memberi pemahaman tentang keberadaan Satgas Indo RDB di Republik Demokratik Kongo,” tegasnya.

Ia pun berharap melalui kegiatan CIMIC ini, pihaknya juga memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada warga setempat.

Atas bantuan air bersih dari Satgas Indo RDB, Kepala Desa Busolo Mr. Ngoy Kasongo, mengaku senang sekali dan bangga, karena warga di desanya saat ini sangat membutuhkan air bersih untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Bantuan ini, sangat membantu, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga disini,” ucapnya.

Tidak lupa Mr. Ngoy Kasongo juga mengaku terbantu atas tergelarnya beberapa kegiatan CIMIC yang di gelar Satgas seperti pelayanan kesehatan dan lain-lain.

“Saya berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin,” pintanya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel