Kostrad

Unik, Satgas Yonmek 741 Ajarkan Warga Wira Usaha dari Jagung Bunga

Unik, Satgas Yonmek 741 Ajarkan Warga Wira Usaha Dari Jagung Bunga
#TNIAD 

 

JAKARTA, tniad.mil.id,- Terobosan unik dan inovatif dilakukan personel Pos Nino Satgas Yonif 741/GN. Memberdayakan warga Dusun Nino berbasis potensi lokal, yakni mengolah jagung bunga menjadi produk makanan yang bercita rasa enak dan variatif ‘popcorn’.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 741/GN Mayor Inf Hendra Saputra S.Sos., M.M., M.I.Pol dalam rilis tertulisnya di Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (28/7/2019).

Dikatakan Hendra, Kegiatan yang berlangsung Jumat (26/7/ 2019) tersebut dipimpin langsung oleh Wadanpos Serda I Kadek Ardana beserta 5 prajurit lainnya. Mereka mengajarkan warga dengan memanfaatkan jagung bunga menjadi makanan ringan (popcorn).

‘’Banyak warga yang belum mengetahui, ternyata jagung bunga yang berwarna putih, bijinya kecil, dan kadang diseling biji berwarna hitam merupakan bahan utama pembuatan popcorn,” ujarnya.

‘’Mereka hanya mengetahui jagung untuk direbus dan dibakar saja. Melalui kegiatan ini, kita ingin meningkatkan kreatifitas, dengan mengajarkan pengolahan jagung menjadi sesuatu yang mempunyai nilai tambah, dan diharapkan juga mampu meningkatkan pendapatan keluarga maupun perekonomian warga,’’ ujarnya.

Selain itu juga, menurut Hendra, kegiatan ini merupakan salah satu upaya sinergitas Satgas dalam pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal, dengan cara mengembangkan inovasi demi mencapai kemandirian masyarakat di bidang ekonomi.

‘’Kita yakin dengan pemanfaatan potensi pangan lokal, jika terus dikembangkan bersama penggunaan alat berteknologi akan membuat warga Dusun Nino menjadi lebih sejahtera dan mandiri,” pungkasnya.

Kegiatan yang dilakukan di rumah Mama Susan (53), diikuti oleh ibu-ibu dengan sangat antusias. Mereka merasa senang dan mengucapkan terima kasih karena mendapat pengetahuan baru, mengolah jagung menjadi makanan ringan jagung bunga atau popcorn. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel