Kostrad

Ijen Trail Running 2019 Bawa Bondowoso Melesat Ke Kancah Internasional

Oleh 06 Agu 2019 Tidak ada komentar
Ijen Trail Running 2019 Bawa Bondowoso Melesat Ke Kancah Internasional
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Selain dapat dinikmati oleh para pecinta olahraga lari, Ijen Trail Running (LTR) telah membawa Kabupaten Bondowoso melesat ke kancah Internasional.

Demikian dikatakan Komandan Yonif (Danyonif) Raider 514/Kostrad, Mayor Inf Danang Biantoro, dalam keterangannya di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Senin (5/8/2019)

Diungkapkan Danang, saat menghadiri Ijen Trail Running (ITR) tahun 2019 bersama Forkompimda Bondowoso mengatakan kegiatan lari lintas alam yang dilaksanakan pada malam hari ini diikuti kurang lebih dari 20 negara lain. Dimana sekitar kurang lebih 350 pelari Internasional turut meramaikan kegiatan ini.

“Ijen Trail Running (ITR) tahun 2019 ini sangat luar biasa, melalui kegiatan ini Bondowoso tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata nasional, tapi juga dikenal di kancah Internasional,” ungkap Danang.

“Tercatat beberapa Negara yang hadir diantaranya berasal dari Brazil, Brunei, Malaysia, Jepang, USA, Thailand, Slovakia, Filipina, India, Taiwan, Myanmar dan lain-lain,” tandasnya.

Acara yang digelar selama dua hari (3-4 Agustus 2019) ini, mengambil tema “Race To The Blue Fire”. Tema ini diusung untuk semakin meneguhkan keindahan alam Kawah Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

“Saya harap para pelari ini bisa mensosialisasikan seperti apa indahnya blue fire yang dimiliki oleh Bondowoso, sehingga bisa menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Bondowoso, agar mampu meningkatkan pendapatan daerah melalui destinasi wisata,” tutur Danang.

Tak hanya itu, sambung Danang, Ijen Trail Running 2019 sudah terdaftar di Internasional Trail Running Association (ITRA) dan telah mendapatkan point Ultra Trail Du Mount Blanc (UTMB).

Dalam race ini, penyelenggara menggunakan teknologi khusus untuk mencatat waktu tempuh setiap pelari. Teknologi tersebut dipakai agar catatan waktu dan pergerakan pelari dari setiap check point bisa dideteksi.

“Jadi semua bisa terdeteksi, kalau ada pelari yang tersesat atau berhenti bisa segera tahu dan mengirimkan bantuan,” terang Danang.

Ijen Trail Running Tahun 2019 ini membuka lima kategori perlombaan yakni 100 K (Ultra), 70 K (Ultra), Kawah Wurung Trails 42 K, Hot Spring Trails 21 K, dan Coffee Plantation Trails 10 K. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel