Kodam XII/Tanjungpura

Karnaval dan Pameran Alutsista di Singkawang, Tumbuhkan Kebanggaan dan Cinta Tanah Air

Oleh 20 Agu 2019 Tidak ada komentar
Karnaval dan Pameran Alutsista di Singkawang, Tumbuhkan Kebanggaan dan Cinta Tanah Air
#TNIAD 

 

JAKARTA,tniad.mil.id – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, Pemerintahan Kota dan Kodim 1202/Singkawang, menggelar Karnaval dan pameran Alutsista.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1202/Singkawang, Letkol Arm Victor Jacob Lukas Lopulalan, S.Sos.,dalam rilis tertulisnya di Singkawang, Kalbar, Selasa (20/8/2019).

Diungkapkan Dandim, karnaval Alutsista tersebut dilepas langsung Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE. MH., bertempat di lapangan bola Tarakan, Kelurahan Sekip Lama, Kecamatan Singkawang Tengah, pada Minggu (18/8/2019).

Adapun Alutsista TNI AD yang ikut dalam karnaval ini tambah Dandim, antara lain dari Yonif Mekanis 643/Wns (Panser Anoa) 2 unit, Kaveleri (Tank AMX-13/NON) 2 unit, Yon Armed (Meriam 155 mm/Tarik KH 179 : 1 Pucuk, Meriam 105 mm/ Tarik : 1 Pucuk.

Selain itu, Yonif R 641/ Bru (Ran PJD) 1 unit, Yon Zipur 6/SD (Ran Zihandak) 1 Unit, Randis Polri (Barakuda dan Ran Gegana Anti teror) 5 unit dan Ran roda 4 umum sebanyak 50 unit serta diikuti 500 peserta pejalan kaki.

“Pertunjukan karnaval Alutsista ini menyedot banyak perhatian warga yang sudah berkumpul untuk melihat kendaraan tempur TNI di sepanjang route yang dilalui,” ujarnya.

Disampaikan pula, untuk rute karnaval dimulai dari Lapangan Tarakan, Jalan Perwira, Jalan Sudirman, Jalan Nusantara, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga, Jalan Sejahtera, Jalan Pisang, Jalan Diponegoro dan finis di Jalan Merdeka, tepatnya di Depan Masjid Raya Singkawang.

“Kehadiran alutsista TNI dalam kegiatan karnaval tersebut mendapat tanggapan positif dari masyarakat, bahkan banyak yang bertanya tentang jenis dan fungsi dari Ranpur yang diawaki oleh prajurit, serta berfoto bersama,” urainya.

Karnaval tersebut jelas Victor Jacob, juga bertujuan agar masyarakat memiliki kesadaran dan kebanggaan terhadap Alutsista yang dimiliki oleh TNI AD sebagai alat pertahanan negara.

“Selain kendaraan perang, karnaval ini juga diikuti oleh sejumlah kendaraan yang sudah dihias dari berbagai lembaga dan instansi serta teatrikal perjuangan kemerdekaan, menambah semarak kegiatan,” terangnya.

Sementara itu, seorang pengunjung, Usman Hadi (42), begitu terhibur dapat secara dekat menyaksikan berbagai peralatan temput milik TNI khususnya TNI AD.

“Sayang rasanya melewatkan momen berharga ini, bisa dari dekat menyaksikan peralatan tempur TNI AD,” tuturnya.

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini sangat bagus ditampilkan agar masyarakat juga mengetahui jenis-jenis Alutsista TNI AD.

“Selain itu, dengan karnaval seperti ini akan menjadi motivasi para pelajar untuk mengabdi menjadi prajurit TNI AD, “pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel