Dinas Penerangan

Kunjungan Kerja di Lombok, Kasad dianugerahi Gelar Pemben Agung Yudhe Negare

Oleh 06 Agu 2019 Tidak ada komentar
Kunjungan Kerja Di Lombok, Kasad Dianugerahi Gelar Pemben Agung Yudhe Negare
#TNIAD 

Lombok Tengah, tniad.mil.id –  Dalam rangkaian kunjungannya ke Lombok dalam rangka penutupan TMMD ke -105, Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika dianugerahi gelar Pembem Agung Yudhe Negare oleh Tokoh Adat Sasak di Bandara Internasional Lombok.

Hal tersebut disampaikan Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Jonny Harianto Gulo dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Bali, Selasa (6/8/2019).

Kunjungan Kerja Di Lombok, Kasad Dianugerahi Gelar Pemben Agung Yudhe Negare

Dikatakan Kapendam, Kasad tiba di Bumi Lombok didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Ny. Hetty Andika Perkasa dan beberapa pejabat teras Markas Besar Angkatan Darat.

“Kegiatan Kasad di wilayah Kodam IX/Udayana kali ini, dalam rangka kunjungan kerja ke beberapa satuan di sini, termasuk dalam rangka penutupan TMMD ke – 105 di Kabupaten Lombok Timur,” ujar Jonny.

Kedatangan Kasad, lanjutnya, disambut Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Bupati Lombok Tengah (Loteng) H. Suhaili FT., Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, dan pejabat setempat lainnya.

Kunjungan Kerja Di Lombok, Kasad Dianugerahi Gelar Pemben Agung Yudhe Negare

“Selain para pejabat tadi, Kasad dan rombongan juga disambut tarian adat ucapan selamat datang, yaitu dari gendang belek TNI-Polri,” kata Jonny.

Dikatakan Kapendam, saat kedatangannya di Lombok tadi siang, Kasad juga menerima penganugerahan gelar dari Suku Sasak Lombok.

“Yaitu Pemban Agung Yudhe Negare, yang memiliki makna bahwa Kasad sebagai pemimpin pembela kedaulatan dan martabat negara baik dari dalam maupun luar negeri,” tegasnya

Sebagaimana umumnya dalam budaya Suku Sasak Lombok, menurut Kapendam penyematan gelar yang diberikan oleh tokoh adat Sasak, yang dilaksanakan dengan pemasangan busana dan Sapuk oleh Pengerakse Paer Tengak yakni Bupati Lombok Tengah H. Moh. Suhaeli FT. SH., dan penyerahan Keris Dirte Yudhe Ayuningrat oleh Datu Siledendeng H. Lalu Mohammad Patria.

“Selain mengucapkan terima kasih, Kasad juga menyampaikan bahwa sebagai wujud bangga menjadi warga Sasak Lombok, beliau akan menyimpan baju kebesaran dan pusaka itu mulai sekarang dan selamanya,” ujar Kapendam.

Kunjungan Kerja Di Lombok, Kasad Dianugerahi Gelar Pemben Agung Yudhe Negare

Selanjutnya Kasad bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana meresmikan Gedung TK Kartika VII-11 Mataram di Asrama Gebang, Mataram

“Setelah pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, dilakukan peninjauan ruangan oleh seluruh rombongan,” ujar Jonny.

Selasai acara itu, lanjut Jonny, Kasad bersama rombongan menuju lapangan Mako Yonif 742/SWY untuk memberikan pengarahan kepada para prajurit, PNS dan keluarga besar satuan jajaran Korem 162/WB.

“Pada kesempatan itu, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto juga melaporkan kegiatan yang sedang kita laksanakan, wilayah Korem 162/WB yaitu saat ini sedang melaksanakan perbantuan untuk percepatan rehab dan rekon rumah korban bencana gempa Lombok dan Sumbawa,” tegasnya.

Untuk diketahui, Kodam IX/Udayana mengerahkan para Babinsa sebanyak 1.000 orang sebagai fasilitator/pendamping dan 1.000 orang dari pasukan Zeni TNI.

“Yaitu gabungan dari 800 prajurit Zeni AD dan 200 prajurit Zeni Marinir. Direncanakan, besok Kasad akan menutup TMMD ke -105 di wilayah Kodim 1615/Lotim,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel