Kostrad

Menetap di Distrik Web, Satgas Pamtas Yonif 509 Bantu Pemuda PNG Sekolah di Indonesia

Oleh 30 Agu 2019 Tidak ada komentar
Menetap di Distrik Web, Satgas Pamtas Yonif 509 Bantu Pemuda PNG Sekolah di Indonesia
#TNIAD 

 

JAKARTA,tniad.mil.id – Dikarenakan telah menetap di Distrik Web hampir satu tahun dan berkeinginan melanjutkan sekolah di Indonesia, Satgas Pamtas Yonif 509/Kostrad membantu memfasilitasi pemuda PNG, Jerry Kisoway (17) bersekolah di SMPN Web, Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509/Divif 2 Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., Psc., dalam rilis tertulisnya di Jayapura, Jumat (30/8/2019).

Diungkapkan Dansatgas, anggotanya yang berada di Pos Ubrud Distrik Web, tergerak untuk membantu Jerry yang merupakan warga PNG yang ingin sekolah di Indonesia, yaitu SMPN Web.

“Dari informasi yang dikumpulkan, Jerry telah tinggal di Distrik Web sekitar satu tahun dan saat ini usianya juga telah memasuki 17 tahun,” ujar Wira.

Menurut Wira, selama tinggal di Indonesia, Jerry ikut dengan pamannya.

“Memang kondisi sosial masyarakat di wilayah perbatasan relatif sama, diantaranya dalam hal kekerabatan dan hak pemilikan tanah,” tegas Wira.

Maka dengan pertimbangan tersebut, menurut Wira, anggotanya yang berada di Pos Ubrub (Pimpinan Lettu Inf Katrup) tergerak untuk membantu memfasilitasi keinginan Jerry.

“Kemudian, Letnan Katrup bersama anggotanya pun berkoordinasi dengan pihak SMP Web, untuk membantu memfasilitasi agar Jerry bisa melanjutkan sekolah di sana,” jelas Wira.

Sementara itu, saat dihubungi melalui telepon selular, Lettu Inf Katrup menyatakan bahwa tekad mereka membantu Jerry lebih kepada rasa kemanusiaan serta empati terhadap kondisinya yang sudah berusia 17 tahun, namun belum melanjutkan sekolah.

“Ditambah dengan yang bersangkutan memiliki paman dan tinggal bersamanya di Distrik Web selama satu tahun,” ucap Katrup.

Namun demikian, lanjut Katrup, karena sifatnya memfasilitasi maka segala regulasi tergantung dari pihak sekolah.

“Dari pihak sekolah menjelaskan, jika Jerry bisa melanjutkan pendidikan di Indonesia, dengan syarat memiliki Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK) dari Catatan Sipil dan pindah kewarganegaraan melalui dinas keimigrasian Provinsi atau Kabupaten,” terang Katrup.

Berdasarkan keterangan itu, Katrup dan anggota bertekad untuk membantu memfasilitasi kembali Jerry, agar bisa mengurus persyaratan seperti yang diminta pihak sekolah.

“Namun, itu juga nanti kami kembalikan ke Jerry dan pamannya. Kita siap membantu setiap saat,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel