Berita Satuan

Panglima TNI : TNI Lakukan Water Boombing, Padamkan Kebakaran Hutan di Riau

Panglima TNI : TNI Lakukan Water Boombing, Padamkan Kebakaran Hutan di Riau
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id –  Untuk mencegah dan mempercepat pemadaman Karhutla di Provinsi Riau, Satgas Karhutla TNI akan melakukan pemadaman langsung ke titik api dengan mengerahkan water boombing  Hercules milik TNI.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dalam konfrensi persnya di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Senin (12/8/2019).

“Saya menerima laporan, sumber air untuk pengisian water boombing jaraknya cukup jauh dari lokasi, maka kita (TNI) akan menggunakan Hercules untuk mengatasinya,” kata Panglima TNI.

Panglima mengatakan, selama ini Satgas melakukan operasi water boombing menggunakan tujuh Helikopter milik BNPB serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala BMKG Riau dapat disimpulkan, cuaca di Provinsi Riau akan cenderung panas hingga bulan Oktober mendatang.

“Kemungkinan untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca untuk menghasilkan hujan buatan, baru dapat dilaksanakan pada awal bulan Oktober tahun ini,” tandasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Menteri KLHK, Kapolri, Kepala BNPB beserta rombongan. Direncanakan, Panglima TNI beserta rombongan akan meninjau langsung ke beberapa lokasi yang terdampak Karhutla terparah seperti di daerah Pelalawan. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel