Pasukan Garuda

Sukarela, 10 Ex-Combatan Liwa Serahkan 2 Pucuk AK-47 ke Satgas Indo RDB MONUSCO

Oleh 26 Agu 2019 Tidak ada komentar
Sukarela, 10 Ex-Combatan Liwa Serahkan 2 Pucuk AK-47 ke Satgas Indo RDB MONUSCO
#TNIAD 

 

JAKARTA, tniad.mil.id – Sebanyak 10 Ex-Combatan Group Liwa secara sukarela menyerahkan 2 pucuk senjata jenia AK- 47 beserta munisinya kepada Satgas Indo Rapidly Deployable Battalion Mission de Organisation des Nations Unies pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo (RDB MUNOSCO).

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Indo RDB MONUSCO), Kolonel Inf Dwi Sasongko, dalam rilis tertulisnya di Republik Demokratik Kongo, Senin (26/8/2019).

 

Diungkapkan Dansatgas, patroli rutin dan penggalangan dari Tim Civil and Military Coordination (Cimic) Satgas Indo RDB, serta konsolidasi Operasi Jaring Laba-laba 03 mampu menarik simpati masyarakat.

 

“Selain 2 pucuk senjata jenis AK-47 dan 7 butir munisi, diserahkan juga 7 busur, 5 anak panah dan berbagai senjata tajam lainnya, dari Ex-Combatan Group Liwa yang dipimpin oleh Mr. Pierre Luka kepada personel Satgas, di Desa Lukengwe, 30 Km dari Kalemie, Minggu (25/8/2019),” ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, setelah menerima Senpi, munisi, busur, anak panah, dan berbagai senjata tajam lainnya , Tim Cimic menyerahkannya kepada staf DDR/RR yang diterima Mr. Jeanoot, bertempat di Markas Indo RDB, Soekarno Camp.

 

“Penyerahan Senpi dan Sajam ini dilatarbelakangi oleh seringnya personel Satgas melaksanakan patroli rutin dan kegiatan Cimic yang dipimpin Kapten Inf Agung Sedayu, di wilayah Axis Kalemie,” ucapnya.

 

“Berbagai kegiatan Cimic yang digelar Satgas diantaranya, pelayanan kesehatan gratis, psikologi lapangan dan perpustakaan mini, mampu menggugah kesadaran Ex-Combatan untuk menyerahkan senjata miliknya tanpa ada paksaan,” jelas Dwi Sasongko.

 

Selain itu lanjutnya, keberhasilan ini menunjukkan dengan kegiatan Cimic yang dilakukan Satgas ditambah pendekatan dan komunikasi secara intensif kepada Ex-Combatan, menyadarkan mereka bahwa Satgas Indo RDB bukanlah musuh, tetapi saudara.

 

“Mereka juga melihat dalam setiap kesempatan, Satgas selalu membantu kesulitan warga, sehingga mereka yakin dan percaya bahwa keberdaan Satgas di wilayah mereka untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi warga,” tandasnya.

 

Dwi Sasongko menuturkan, sampai dengan saat ini, Satgas Indo RDB telah berhasil menerima penyerahan senjata dari Ex-Combatan sebanyak 31 pucuk AK-47, 2 pucuk Machine Gun, 2 pucuk RPG, 2 pucuk senjata Arquebus, 1 buah granat, ratusan busur dan anak panah.

 

“Ini tentu membanggakan, kehadiran Satgas sudah diterima dengan baik oleh warga setempat. Mereka juga makin percaya kehadiran Satgas memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kongo,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel