Skip to main content
Kostrad

Bangun Kolam Ikan di Yambi, Inovasi Satgas Yonif R 514 Sejahterakan Warga Papua

Dibaca: 20 Oleh 10 Sep 2019Tidak ada komentar
Bangun Kolam Ikan di Yambi, Inovasi Satgas Yonif R 514 Sejahterakan Warga Papua
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Bangun kolam ikan di Distrik Yambi, inovasi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY bantu meningkatkan kesejahteraan warga Papua.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514/SY, Mayor Inf Danang Biantoro S.I.P, M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (10/9/2019).

 

Diungkapkan Dansatgas, pembangunan kolam ikan ini dilaksanakan oleh anggota Pos Yambi dipimpin Komandan Pos (Danpos), Letda Inf Andre Rahman F, pada Minggu (8/9/2019).

 

“Pembangunan kolam ikan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya warga di Distrik Yambi,” ujarnya.

 

“Walau wilayah penugasan kami (Satgas 514) berupa pegunungan yang terjal dan akses infrastruktur yang kurang memadai, tak menyurutkan niat Satgas bersama warga berinovasi menghadirkan suatu usaha yang kelak dapat mendongkrak ekonomi warga,” jelas Danang Biantoro.

 

Lebih lanjut dikatakan, meskipun awalnya sedikit mengalami kesulitan untuk mengembakan sesuatu yang baru, namun berkat komunikasi yang intens, keluhan masyarakat serta keinginannya memiliki usaha sampingan dapat diwujudkan.

Baca juga:  Sulitnya Medan yang Dilewati, Satgas Yonif 144/JY Suplai Logistik Via Sungai di Perbatasan

 

“Setelah berdiskusikan dengan masyarakat, kami sepakat untuk membangun sebuah kolam ikan di Distrik Yambi. Selain untuk membudidayakan ikan, kolam tersebut juga dapat dipergunakan untuk memandikan hewan peliharaan mereka,” tambahnya lagi.

 

 

 

Terpisah Danpos Yambi, Letda Inf Andre Rahman F mengatakan, pembangunan kolam ikan ini merupakan wujud kepedulian Satgas membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

“Kita menggugah warga untuk berwirausaha, mengembangkan usaha perikanan karena prospeknya ke depan sangat bagus,” terangnya.

 

“Melalui usaha ini, kita terus bersinergi mewujudkan budaya gotong-royong, sekaligus memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat di Yambi,” urai Andre Rahman.

 

Sedangkan Matius Enumbi, Kepala Distrik Yambi, menyampaikan rasa bangga dan senangnya dengan adanya inovasi yang dilaksanakan oleh anggota Satgas.

 

“Sebelumnya kami tidak pernah berpikir dapat membangun sebuah kolam disini untuk memelihara ikan. Kami hanya mengandalkan hasil alam sekitar,” tuturnya.

 

Berkat hadirnya kolam ikan ini harapnya, ke depan warga di Distrik Yambi pun makin termotivasi mengembangkannya untuk meningkatkan tingkat ekonomi warga.

Baca juga:  Tumbuhkan Nasionalisme Anak Bangsa, Yonif 631 Gelar Pelatihan Bela Negara

 

“Sekali lagi terima kasih bapak Satgas atas perhatiannya, semoga ini dapat membantu menyejahterakan masyarakat disini,” pungkasnya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel