Kostrad

Kreatif, Satgas Yonif 734 Atasi Masalah Kualitas Air Bersih Warga Halmahera

Oleh 17 Sep 2019 Tidak ada komentar
Kreatif, Satgas Yonif 734 Atasi Masalah Kualitas Air Bersih Warga Halmahera
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk memenuhi kebutuhan air warga Desa Kampung Baru, Halmahera Barat, personel Satgas Yonif 734 / SNS Pos Ibu SSK II melakukan pemasangan pipa karet saluran air yang dikerjakan bersama dengan warga setempat.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 734/SNS Letkol Inf Edwin Charles dalam keterangan tertulisnya di Maluku Utara, Senin (16/9/2019).

 

Dikatakannya, pemasangan pipa karet saluran air ini dikerjakan oleh Serda Sofian beserta tiga orang anggotanya yang dibantu oleh warga Desa Kampung Baru. Pemasangan pipa karet di Desa Kampung Baru ini bertujuan agar kebutuhan air bersih untuk warga Kampung Baru tercukupi dengan memanfaatkan aliran sungai dari Kecamatan Ibu yang terkenal bersih dan jernih.

 

“Masyarakat Desa Kampung Baru sering memanfaatkan air keruh pada sumur mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, banyak warga terserang penyakit kulit akibat menggunakan air resapan atau sumur, “ tuturnya.

 

Diharapkan, imbuh Dansatgas, dengan adanya pemasangan pipa karet saluran air ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga, seperti memasak, mandi, dan mencuci serta dapat dikonsumsi sebagai air minum.

 

Terpisah, Serda Sofian mengatakan, pemasangan pipa karet saluran air ini dinilai lebih efektif karena bentuknya yang elastis menyesuaikan dengan tekstur jalan yang berkelak kelok sehingga lebih mudah dalam pemasangannya dan karet ini pun tahan terhadap panas serta tidak mudah korosi sehingga kualitas air ini menjadi terjaga.

 

“Pemasangan Pipa karet saluran air bersih ini rencananya akan terpasang di sepanjang desa di Kecamatan Ibu. Namun untuk saat ini pemasangan pipa karet saluran air diprioritaskan untuk Desa Kampung Baru karena ketersediaan air bersihnya terbatas, “ ungkapnya.

 

 

Jhoni (39) yang meakili warga Desa Kampung Baru mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas 734 / SNS yang telah membantu pemasangan pipa karet untuk saluran air bersih.

 

“Sekarang desa kami memiliki saluran air bersih yang dapat dipergunakan untuk mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya. Kedepan, kami akan terus meningkatkan kedisiplinan dalam menjaga kebersihan sumber airnya agar tidak tercemar, karena sebagai pasokan air bersih bagi desa kami tentunya akan kami jaga serta kami lestarikan, “ pungkasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel