Kostrad

Lestarikan Alam, Satgas Yonif RK 136 Tanam Ribuan Pohon di Ambon

Oleh 19 Sep 2019 Tidak ada komentar
Lestarikan Alam, Satgas Yonif RK 136 Tanam Ribuan Pohon di Ambon
#TNIAD 

 

JAKARTA, tniad.mil.id – Penanaman ribuan bibit pohon di Ambon merupakan salah satu upaya bagi Satgas Yonif RK 136/TS dalam rangka turut melestarikan alam dan mencegah dampak global warming.

 

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif RK 136/TS Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis dalam keterangan tertulisnya di Ambon, Kamis (19/9/2019).

 

Hasbul menjelaskan bahwa, sebanyak 1500 bibit pohon ditaman oleh Satgas Pamrahwan Yonif RK 136/ Tuah Sakti bersama instansi terkait lainnya dalam program penghijauan di sejumlah lokasi di Pulau Ambon.

 

Program penghijauan tersebut mengusung tema “Satu Pohon Sekarang 1000 Manfaat Di Masa Datang”.

 

Lulusan Akmil 2001 ini mengungkapkan, selain bertujuan untuk melestarikan alam dan mencegah pemanasan global, kegiatan ini pun dalam rangka menyambut HUT TNI ke-74 tahun 2019.

 

“Selama dua kemarin, Minggu dan Sabtu (15-16/9/2019), kita tanam ribuan bibit pohon untuk menjaga kelestarian dan ekosistem alam di Ambon,” katanya.

 

Dalam kegiatan ini, jajaran SSK I Satgas Yonif RK 136/TS yang dipimpin Dan SSK Kapten Inf Jimat Suryo Utomo, diterjunkan bersama dengan aparat desa, Babinsa, Babinkamtibmas, organisasi pecinta alam, masyarakat serta siswa-siswi dari beberapa sekolah di Kota Ambon.

 

Hal ini pun diamini oleh Kapten Jimat Suryo, dimana dirinya mengatakan bahwa, selama dua hari kemarin pihaknya sudah menanam sebanyak 1050 bibit pohon, yang terdiri dari 200 Bibit Durian, 200 Bibit Mangga, 200 Bibit coklat, 120 bibit mahoni, 110 bibit Gandaria, 110 Bibit Kayu Besi dan 110 Bibit Trembesi.

 

Bibit-bibit pohon tersebut, sebutnya ditanam di sejumlah lokasi di Pulau Ambon, yakni Desa Wakal, lahan kosong pinggir pantai Desa Waitomu, dan di lahan Air jebol Waela Desa Negeri Lima.

 

“Selain penghijauan kita ini juga untuk mencegah terjadinya longsor dan banjir di musim penghujan,” imbuhnya.

 

“Rencananya 450 bibit pohon lainnya akan ditanam di Hutan Kampung Rotan, Dusun Air Sakula, Desa Laha, Kota Ambon pada hari ini, Kamis 19 September 2019,” terangnya.

 

Ia pun menambahkan, selain mengajak masyarakat dan siswa-siswi untuk selalu menjaga kelestarian hutan, pada kesempatan ini juga berpesan kepada mereka agar selalu menjaga dan melestarikan sumber daya laut.

 

“Kita pasang spanduk ‘Laut Bukan Tempat Sampah, Jaga Kebersihannya dan Nikmati Keindahannya’, untuk mengajak mereka berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar,” lanjut Jimat Suryo. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel