Kodam VI/Mulawarman

Lomba Tari Perang Adat Dayak, Tanamkan Kecintaan Tanah Air

Oleh 01 Sep 2019 Tidak ada komentar
Lomba Tari Perang Adat Dayak, Tanamkan Kecintaan Tanah Air
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id –  Guna melestarikan kearifan budaya lokal sekaligus menanamkan kecintaan kepada tanah air, Kodim 0909 Sangatta menggelar lomba tari perang Adat Dayak di Desa Sepaso Timur, Kalimantan Timur (Kaltim).

 

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0909/ Sangatta Letkol Czi Pabate, dalam keterangan tertulisnya di Sangatta, Minggu (1/9/2019).

 

Diungkapkan Dandim, perlombaan tarian tradisional yakni tari perang Adat Dayak Kalimantan itu, dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif HUT ke-74 TNI yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Desa Sepaso Timur Kec. Bengalon Kab. Kutai Timur Prov. Kaltim, Sabtu (31/8/2019).

 

Kegiatan tersebut, ujarnya, bertemakan “Melalui kegiatan Komsos Kreatif kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, dan kesadara berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI”.

 

“Kami mengundang para Siswa dan Siswi untuk turut serta mengikuti lomba ini, untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme lewat kegiatan budaya,” katanya.

 

“Ini juga sekaligus kegiatan Komunikasi Sosial Kodim, untuk lebih mendekatkan diri dengan warga masyarakat sekitar,” tambah Dandim.

 

Ia pun menjelaskan, melalui kegiatan lomba tari ini, para pelajar yang ada di Kabupaten Kutai Timur lebih mengenal dan melestarikan budaya bangsa sendiri.

 

“Kita ajak mereka untuk menjagavdan melestatikan budaya lokal, ya lewat kegiatan seperti ini,” tegas Dandim.

 

Selanjutnya, Dandim menghimbau untuk terus menonjolkan apa yang menjadi budaya kita sendiri. “Kita boleh tau budaya orang lain namun yang paling penting kita harus tetap melestarikan budaya kita sendiri,” pesannya.

 

Lebih lanjut Dandim berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menunjukkan harmonisasi antara TNI khususnya Kodim 0909 Sangatta dengan lingkungan pendidikan di Kabupaten Kutai Timur. “Selain menjalin harmonisasi dengan warga, kegiatan ini juga supaya terjalinnya kemanunggalan TNI dengan seluruh lapisan Masyarakat Kabupaten Kutai Timur terkhusus saat ini dengan Dunia Pendidikan,” tandasnya.

 

Perlu diketahui, keluar sebagai pemenang pertama pada perlombaan tari perang adat Dayak tersebut yaitu SMK N 1 Bgl (Tim A), kemudian diposisi kedua diraih oleh SMK N 1 Bgl (Tim B) dan Juara ketiga oleh SMK N 2 Bgl. Sementara itu, SMA N 1 Bgl, meraih Juara Harapan.

 

Pemenang lomba tari akan mewakili Kodim 0909/Sangatta untuk mengikuti lomba tari tingkat Korem 091/ASN di Samarinda dan tingkat Kodam VI Mulawarman di Balikapapan dalam rangka HUT Ke-74 TNI tahun 2019. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel