Kostrad

Peduli Kelesatarian Alam Papua, Satgas Yonif R 300 Laksanakan Patroli Pembalakan Liar

Oleh 30 Sep 2019 Tidak ada komentar
Peduli Kelesatarian Alam Papua, Satgas Yonif R 300 Laksanakan Patroli Pembalakan Liar
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id,- Selain melaksanakan patroli keamanan wilayah, sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian alam, Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw juga melaksanakan patroli di daerah yang rawan terhadap pembalakan atau penebangan pohon secara liar (ilegal).

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Mayor Inf Ary Sutrisno, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin (30/9/2019)

 

Diungkapkan Dansatgas, patroli keamanan rutin Pos Km 76 yang dipimpin Sertu Khamdi, dikarenakan maraknya aksi penebangan hutan secara liar yang dilakukan oleh para pendatang maupun pengusaha kayu ilegal di wilayah Kampung Uskuar, Distrik Mannem.

 

“Penebangan hutan secara liar dapat berakibat fatal bagi kehidupan ekosistem baik satwa maupun tumbuhan, tidak terkecuali bagi penduduk setempat, karena bisa terjadi longsor yang belakangan ini sering muncul,” ungkap Ary.

 

Pada patroli keamanan yang dilaksanakan pada hari Minggu (29/9/2019), personel Satgas menempuh jarak sejauh 4,5 Km dengan medan yang bervariasi dan cukup menantang.

 

Sebelum berangkat patroli, menurut Ary, sesuai prosedur yang berlaku anggota menerima perintah taktis maupun administrasi yang ditekankan oleh tertua khususnya mengenai kewaspadaan dan faktor keamanan dalam pelaksanaannya.

 

“Ini sangat penting, harapannya selama pelaksanaan patroli dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Ary.

 

“Selain itu tidak lupa kita berdoa kepada Allah SWT, agar selalu dalam perlindungannya,” tandasnya.

 

Senada dengan Dansatgas, Sertu Khamdi mengatakan bahwa patroli rutin yang dilaksanakan oleh Pos Km 76 ini juga bertujuan untuk dapat menguasai keadaan di wilayah hutan tropis Papua, khususnya hutan yang berada disekitaran pos dan menjaga keamanan masyarakat kampung.

 

“Semakin sering kita melaksanakan patroli maka banyak medan-medan yang dapat kita ketahui dan kuasai,” ujar Khamdi. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel