Kostrad

Pengobatan Door To Door Satgas Yonif R 509, Peduli Lansia di Papua

Oleh 20 Sep 2019 Tidak ada komentar
Pengobatan Door To Door Satgas Yonif R 509, Peduli Lansia di Papua
#TNIAD 

 

JAKARTA,tniad.mil.id – Kegiatan pengobatan door to door yang dilaksanakan Satgas Pamtas Yonif Raider 509/Kostrad merupakan salah satu wujud kepedulian kepada masyarakat Papua, khususnya Lansia yang berada di Arso Tami.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509/Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, S.H.,Psc., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (20/9/2019).

 

Diungkapkan Dansatgas, pelayanan kesehatan ini dilaksanakan Pos Kout dipimpin langsung oleh Dokter Satgas, Letda Ckm dr. Abraham Valent Wibisono dibantu beberapa personel pada Kamis (19/9/2019).

 

“Kegiatan tersebut meliputi pengecekan tensi dan pemberian obat-obatan kepada masyarakat. Selain itu, Dokter juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat,” ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, terbatasnya sarana kesehatan di Arso Tami menjadi kendala bagi warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

 

“Jadi, pelayanan kesehatan yang kita berikan ini merupakan wujud kepedulian Satgas kepada warga. Bahkan adakalanya kita menjemput bola, mendatangi rumah warga secara _door to door_, agar mendapat pelayanan kesehatan secara merata,” jelasnya.

 

Selain melaksanakan pengobatan, tim kesehatan Satgas juga memberikan pengetahuan tentang darah tinggi, diet dan perilaku hidup sehat yang harus dilakukan. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal negatif yang bisa timbul akibat Hipertensi, misalnya serangan Stroke.

 

“Kegiatan ini dilakukan karena melihat kondisi kesehatan masyarakat Arso khususnya para lansia yang mengalami berbagai macam kendala kesehatan. Penyakit yang diderita oleh lansia selain malaria, diantaranya Hipertensi (darah tinggi), Arthritis gout (asam urat), dan Dispepsia (maag),”ucap Wira Muharromah.

 

Di tempat terpisah, dr. Abraham Valent Wibisono juga memberikan penekanan kepada warga untuk menjaga kebersihan di sekitar rumah.

 

“Kami (Satgas) juga memberikan bubuk abate untuk meminimalisir pengembangan jentik-jentik nyamuk, sekaligus menghimbau apabila sakit untuk segera berobat ke Puskesmas atau ke Pos Satgas,” urainya.

 

“Daerah Arso Tami rawan terhadap endemik penyakit Malaria, sehingga perlu adanya pemberian informasi tentang kesehatan kepada masyarakat agar tidak terjangkit,” terang Valent saat memberikan himbauan.

 

Dilanjutkannya, pelayanan kesehatan ini juga dalam rangka memperingati HUT Yonif Raider 509/Kostrad ke-72, sehingga masyarakat tahu akan keberadaan Satgas untuk membantu warga.

 

“Ingatlah, kehadiran Satgas untuk membantu kesulitan yang dihadapi warga. Jangan ragu untuk meminta bantuan, dengan senang hati Satgas selalu ada untuk warga,” pesannya.

 

Sementara itu Marthen (56), mengucapkan terima kasih atas pelayanan kesehatan yang diberikan Satgas kepada warga di Arso Tami.

 

“Selain mengecek kesehatan, bapak satgas juga memberikan obat dan vitamin. Ini betul-betul sangat membantu bagi warga, khususnya ekonominya yang serba pas-pasan,” tuturnya.

 

Bapak tiga anak ini berharap, kegiatan seperti ini rutin dilakukan di kampung mereka, karena sering kali warga terserang malaria.

 

“Himbauan dan bantuan dari bapak Satgas begitu penting untuk warga. Dengan bimbingan Satgas, warga juga tumbuh kesadarannya untuk menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel