Puspen TNI

Uji Rencana Operasi PPRC TNI, Divif-2 Kostrad Latihan di Wamena dan Sentani

Oleh 05 Sep 2019 Tidak ada komentar
Uji Rencana Operasi PPRC TNI, Divif-2 Kostrad Latihan di Wamena dan Sentani
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Latihan PPRC TNI 2019, yang dilaksanakan para prajurit Divif-2/Kostrad di Wamena dan Sentani, tidak hanya untuk mengukur kesiapsiagaan, namun juga untuk menguji konsep rencana operasi PPRC TNI yang telah direvisi.

 

Hal itu dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. , usai menyaksikan secara langsung Latihan Kesiapsiagaan PPRC TNI Tahun 2019 di Lanud Silas Papare Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (04/09/2019).

 

Panglima TNI mengatakan, selain untuk mengetahui kesiapsiagaan Pasukan PPRC di wilayah Indonesia Timur. Latihan ini dilakukan juga sebagai sarana dalam menguji konsep rencana operasi.

 

“Setelah dilakukan revisi, kita ingin mengetahui, sejauhmana keputusan Komandan PPRC TNI dan Staf berpengaruh dalam mengantisipasi dan merespon kemungkinan kontijensi yang timbul di wilayah tertentu, sesuai rencana operasi yang telah disusun,” terangnya.

 

Dijelaskannya, latihan ini digelar di dua tempat berbeda yaitu di wilayah Sentani dan Wamena.

 

“Di Sentani, unit PPRC yang diterjunkan sejumlah 92 prajurit Yonif Para Raider 501/BY, sementara di Wamena kita terjunkan sebanyak 64 prajurit,” ucapnya.

 

“Alhamdulillah, latihan yang dipimpin langsung Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Achmad Marzuki, dapat berlangsung dengan lancar, aman serta mencapai sasaran latihan yang ingin dicapai,” terangnya.

 

Di sisi lain, Panglima TNI mengungkapkan bahwa kondisi keamanan di Jayapura saat ini sudah aman dan kondusif.

 

“Tadi malam saya bersama Kapolri telah memantau situasi di Jayapura, Kalau kondisi aman dan kondusif, kita segera melakukan rehabilitasi di Jayapura dan seluruh kegiatan masyarakat dan perekonomian sudah lancar,” pungkasnya.

 

Melalui tema ‘Divisi 2 Kostrad Melaksanakan Operasi Linud di Wilayah Papua Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI’ Latihan PPRC TNI Tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar dan aman.

 

Turut serta mendampingi Panglima TNI diantaranya Kapolri, Para Asisten Panglima TNI, Pangdivif 2 Kostrad, Pangdam XVII/Cen, Danlantamal X, Danlanud Silas Papare serta Walikota Jayapura. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel