Berita Satuan

Alokasikan Rp. 1,7 M untuk TMMD ke- 106, Jenderal TNI Andika Apresiasi Pemkab Tabanan

Oleh 31 Okt 2019 Tidak ada komentar
Alokasikan Rp. 1,7 M untuk TMMD ke- 106, Jenderal TNI Andika Apresiasi Pemkab Tabanan
#TNIAD 

 

Tabanan – Bali – Di tengah kesempatan menutup kegiatan TMMD 106 secara terpusat di Tabanan, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa berikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan yang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 1,7 Milyar untuk program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 yang dilaksanakan bersama dengan Kodim 1619/Tabanan.

 

Hal tersebut disampaikan Kapendam IX/Udy Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.IP dalam rilis tertulisnya, Tabanan, Bali, Kamis (31/10/2019).

 

Dikatakan Kapendam, pelaksanaan TMMD ke-106 Kodim 1619/Tabanan yang dilaksanakan selama 30 hari sejak 2 Oktober 2019 secara resmi ditutup pada hari ini Kamis (31/10/2019).

 

“Secara terpusat, TMMD 106 ditutup hari ini oleh Kasad di Lapangan Desa Gubug Tabanan, tentunya kehadiran beliau di Tabanan tidak hanya menjadi kehormatan maupun kebanggaan bagi masyarakat (Tabanan) di sini semata, namun juga bagi (masyarakat) Bali juga,” ujar Jonny.

 

Menurut Jonny, kehadiran Jenderal TNI Andika Perkasa tidak hanya sekadar seremonial dalam menutup TMMD, namun juga menunjukkan komitmennya dalam membangun Kemanunggalan TNI-Rakyat.

 

“Kegiatan ini telah lama direncanakan dan tentunya Kasad juga meluangkan waktunya untuk bertemu dan menepati undangan masyarakat Bali, apalagi dalam TMMD 106, kali ini Pemkab Tabanan mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 1,6 Milyar dalam program ini,” terang Jonny.

 

Selanjutnya Jonny jelaskan bahwa dalam upacara penutupan tersebut, Jenderal TNI Andika Perkasa tidak hanya memberikan apresiasi kepada Pemkab yang juga telah memberikan tambahan Rp. 100 juta, sehingga total anggaran menjadi Rp. 1.7 Milyar, namun juga kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi secara totalitas, termasuk masyarakat desa Gubug.

 

“Dengan penutupan tadi dan disaksikan oleh Kasad, maka secara simbolis, hasil kegiatan TMMD-106 diserahkan kepada masyarakat desa Gubug dan desa Bongan melalui Bupati Tabanan, yaitu Ni Putu Eka Wiryastuti oleh Dansatgas TMMD-106 yaitu Dandim 1619/Tabanan,” tegasnya.

 

Sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan TMMD 106 itu, disampaikan paparan oleh Dansatgas TMMD, Letkol Inf Toni Sri Hartanto kepada Kasad, berupa terwujudnya pembuatan jembatan sepanjang 17 meter dengan lebar 5,5 meter dan tinggi 5 meter serta sasaran lainnya seperti pembuatan senderan, pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 65 meter, bedah rumah dua unit.

 

“Itu merupakan sasaran utama dalam bentuk sasaran fisik, namun selain itu juga terdapat pencapaian lainnya dari kegiatan nonfisik, diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan maupun kegiatan lainnya,”terang Jonny.

 

Selain itu, menurut Jonny, sebagaimana disampaikan Kasad, indikator keberhasilan lainnya dari TMMD 106 ini, adalah semangat kebersamaan dan gotong- royong yang ditunjukkan oleh TNI bersama masyarakat.

 

“Sehingga Kasad dan Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana (Ny. Hetty Andika Perkasa) sangat terkesan dengan itu, termasuk berbagai kearifan lokal,” imbuhnya.

 

“ Rangkaian kegiatan diakhiri dengan kegiatan peninjauan Stand Pameran dan Baksos oleh tamu undangan yang hadir,” tutur Jonny.

 

Sementara Bupati Kabupaten Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti menilai TMMD bukanlah hal asing lagi karena sudah dilakukan sejak dulu dan banyak membantu pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dimana ada rakyat di situ ada TNI dan begitu juga sebaliknya.

 

“Sinergi dan kerja sama antara TNI dengan Pemerintah Kabupaten dan masyarakat dalam konteks TMMD memang benar-benar dirasakan manfaatnya”, tutup Bupati Tabanan.

 

Untuk diketahui, usai upacara penutupan, Kasad didampingi Ny. Hetty Andika Perkasa dan Bupati Tabanan menyerahkan dua buah sertifikat tanah, dua buah kunci hasil bedah rumah, buku perpustakaan bantuan dari Perpustakaan Nasional, penyerahan secara simbolis berupa Sembako, alat penetas telur, dan Pupuk Bios 44 kepada warga Desa setempat.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel