Kostrad

Cegah Penebangan Liar, Satgas Pamtas Yonif R 300 Patroli Hutan di Keerom

Oleh 04 Okt 2019 Tidak ada komentar
Cegah Penebangan Liar, Satgas Pamtas Yonif R 300 Patroli Hutan di Keerom
#TNIAD 

 

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam upaya mencegah penebangan liar yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, melaksanakan patroli pengamanan hutan di Keerom.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/BJW, Letkol Inf Ary Sutrisno, S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (4/10/2019).

 

Diungkapkan Dansatgas, patroli hutan yang dilaksanakan Pos Yamara pada Kamis (3/10/2019) dipimpin Letda Inf Harifuddin.

 

“Patroli ini bertujuan untuk menjaga keamanan hutan dari penebang liar, sekaligus juga menjaga wilayah sekitar pos dan kampung binaan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, ” ujarnya.

 

Selain itu jelasnya, kegiatan seperti ini rutin dilakukan untuk mencegah penebangan hutan secara liar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

 

“Menjaga keamanan wilayah, termasuk hutan sudah menjadi bagian tanggung jawab Satgas, selain tugas pokok menjaga patok batas negara,” jelasnya lagi.

 

“Tugas ini tidaklah ringan, apalagi hutan Papua menyuguhkan rintangan berupa rotan, rawa-rawa dan sungai yang masih jarang dilalui, tetapi jika diiringi semangat pantang menyerah, setiap kaki melangkah tidak menurunkan mental prajurit untuk menerobos hutan demi keamanan dan tegaknya NKRI,” ucap Ary Sutrisno.

 

Di tempat terpisah Danpos Yamara, Letda Inf Harifuddin mengatakan, penebangan liar di wilayah ini masih sering terjadi, apakah karena kesengajaan atau juga masih rendahnya kesadaran warga untuk memelihara alam.

 

“Ke depannya, patroli seperti ini akan terus kita intensifkan untuk mengeliminir terjadinya perusakan hutan di Keerom,” jelasnya.

 

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah patroli rutin untuk menjaga kelestarian hutan.

 

“Kegiatan patroli tersebut diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penebangan liar, pemburuan satwa serta kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut, dan apabila terjadi Satgas dapat dengan segera mengatasinya, “tandasnya.

 

Sementara itu, Marcianus (34), warga Kampung Yamara mengucapkan terima kasih kepada Satgas, khususnya Pos Yamara yang rutin melakukan patroli dan kegiatan lainnya, sehingga dapat menjaga keamanan masyarakat beserta hutan dari perbuatan yang tidak bertanggung jawab.

 

“Dengan patroli bapak Satgas, penebangan liar pun belakangan sudah jauh berkurang. Apalagi dalam setiap pertemuan mereka memberikan pemahaman kepada warga untuk menjaga dan melestarikan hutan, “tutupnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel