Kostrad

Dirikan Sentra Rumah Produksi Tempe, Satgas Yonif MR 411 Tingkatkan Ekonomi Warga Papua

Oleh 18 Okt 2019 Tidak ada komentar
Dirikan Sentra Rumah Produksi Tempe, Satgas Yonif MR 411 Tingkatkan Ekonomi Warga Papua
#TNIAD 

 

JAKARTA, tniad.mil.id,- Guna meningkatkan ekonomi warga Papua, Satgas Yonif 411/PDW membangun Sentra Rumah Produksi Tempe bagi warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (18/10/2019).

Dikatakan Rizky, kegiatan yang diinisiasi Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi bersama anggotanya tersebut, bertujuan untuk memberikan pendampingan edukasi bagi warga yang ingin belajar cara membuat tempe.

“Dengan telah dibangunnya Sentra Rumah Produksi Tempe, maka pelaku-pelaku usaha tempe ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan produksinya sehingga mendorong sektor ekonomi di wilayah Sota,” ucap Dansatgas.

“Edukasi mulai dari pengenalan teori sampai produksi selesai. Kita berharap, pembangunan rumah produksi tersebut dapat mendorong dan meningkatkan Industri Kecil Menengah (IKM) khususnya Industri tempe,’’ tandasnya.

Terpisah, Letda Inf I Komang Adhi saat meresmikan berdirinya Sentra Rumah Tempe mengatakan, tempat ini sebagai sarana belajar dan praktek warga dalam memproduksi tempe, dimana hasilnya dapat dikonsumsi sendiri, dan juga dapat dijual ke warga lainnya di Kampung Rawabiru.

“Kedepan kita merencanakan, untuk mengembangkan bahan baku tempe yakni dengan menanam tanaman kedelai secara bersama-sama,’’ ujarnya.

“Sehingga kedepannya, selain bahan baku dan hasil produksi tempe yang kita hasilkan sendiri, dapat meminimalisir biaya produksi yang dikeluarkan,’’ terangnya.

Dirinya berharap, dengan hadirnya Sentra Rumah Tempe menjadi salah satu peluang membuka usaha kecil masyarakat guna menambah penghasilan ekonomi sehingga meningkatkan kesejahteraan warga diwilayah perbatasan,’’ pungkasnya.

Sementara itu Lukas Robert Maiwa selaku Ketua RT 03 Yakyu memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Satgas untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warganya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI dari Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang atas kepedulian dan perhatiannya mendirikan rumah tempe bagi warga, ini adalah yang pertama kali ada di RT 03 Yakyu,’’ ucapnya.

“Sebagaimana terlihat, antusiasnya warga mengikuti pelatihan dengan penuh semangat, tentunya warga sangat tertarik untuk ikut mengembangkan usaha membuat tempe ini, semoga ilmu ini memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup warga Yakyu,” tandasnya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel