Berita Satuan

Harmoni di Bumi Animha, Satgas Yonif 411 Sukseskan Festival Budaya Perbatasan Suku Kanum

Oleh 26 Okt 2019 Tidak ada komentar
Harmoni di Bumi Animha, Satgas Yonif 411 Sukseskan Festival Budaya Perbatasan Suku Kanum
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id,- Dalam rangka mensukseskan Festival Budaya Perbatasan Suku Kanum, Satgas Yonif MR 411/PDW membantu mulai dari persiapan sampai berlangsungnya acara kegiatan di Rawabiru, Distrik Sota, Merauke.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., saat menghadiri acara Festival Budaya Perbatasan Suku Kanum, di Lapangan Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Merauke, Papua, Sabtu (26/10/2019).

 

Rizky mengatakan, sejak beberapa hari lalu, personel Pos Rawabiru, dipimpin Sertu Sutono berserta 9 prajurit lainnya dan masyarakat sekitar membantu penyiapan tempat acara.

 

“Selain membersihkan lokasi tempat kegiatan, para prajurit juga mendirikan beberapa tenda tempat acara. Ini dilakukan demi suksesnya perayaaan festival tersebut,” ujarnya.

 

“Dalam festival yang berlangsung selama dua hari, 25 sampai 26 Oktober 2019, beberapa prajurit Satgas terlibat dalam kepanitian sebagai bagian dari tugas pengamanan,’’ terangnya.

 

Lebih lanjut dikatakan Rizky, acara tahunan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Merauke tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Frederikus Gebze, yang mana dalam festival ini lebih memperlihatkan budaya dari Suku Kanum yang merupakan salah satu suku di Kabupaten Merauke.

 

“Selain Suku Kanum yang berada di Merauke, sejumlah 150 orang Suku Kanum warga negara Papua Nugini, juga turut memeriahkan acara tersebut. Ini menggambarkan wujud keharmonisan antar kedua negara, Indonesia dan Papua Nugini,’’ jelasnya.

 

“Acara diawal dengan Tari Berburu dan Perang khas Suku Kanum dengan memainkan alat musik Tifa, Bakar Batu dan juga Pukul Babi. Terlihat para undangan dan peserta, semuanya berbaur dalam kebahagian dan keceriaan,’’ tandasnya.

 

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Kabupaten Merauke, Frederikus Gebze sangat mengapresiasi atas terselenggaranya festival budaya tahunan ini.

 

“Festival budaya perbatasan ini merupakan salah satu wadah untuk sama-sama melestarikan budaya dan mengangkat potensi di Kabupaten Merauke khususnya,’’ ujarnya.

 

“Melalui festival budaya ini mari bersama-sama melestarikan dan menjaga budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur kita terdahulu, salah satu nya budaya Suku Kanum ini,” harapnya.

 

Atas nama Bupati Merauke, saya mengucapkan terima kasih kepada Satgas TNI yang telah menjaga stabilitas keamanan sehingga Merauke selalu nyaman untuk di kunjungi,” tambah Bupati.

 

Turut hadir diantaranya mewakili Kemenko Polhukam RI, Badan Pengelola Perbatasan Daerah, Kepala PMK Merauke, Danlantamal XI/Merauke, Ketua DPRD Merauke, Forkopimda Merauke, Perwakilan BNPP Pusat, serta tanu undangan lainnya. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel