Berita Satuan

Jauh dari Faskes, Satgas Pamtas Yonif MR 411 Layani Kesehatan di Bivak Warga

Oleh 22 Okt 2019 Tidak ada komentar
Jauh dari Faskes, Satgas Pamtas Yonif MR 411 Layani Kesehatan di Bivak Warga
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw membantu warga sekitar Pos Kaliwanngo, Distrik Arso yang jauh dari fasilitas kesehatan (Faskes) melaksanakan patroli simpatik dengan mendatangi tenda (bivak) warga.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/Pdw dalam keterangan tertulisnya di Merauke, Papua, Senin (21/10/2019).

 

Dikatakannya, tidak hanya melaksanakan tugas pokoknya dalam menjaga keutuhan NKRI, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad juga memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga kehadiran Satgas TNI di wilayah penugasan khususnya Kab.Merauke dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

 

“Saya memprakarsai pelayanan kesehatan ini melalui metode patrol simpatik yakni memberikan layanan kesehatan gratis secara langsung kepada warga kampung yang tinggal di bivak-bivak di dalam hutan yang sedang berburu, mencari sagu, berkebun dan memancing. Biasanya warga akan pulang kerumah setelah 4-5 hari di hutan, “ tuturnya.

 

 

Dalam pelaksanaannya anggota Pos Kaliwanggo yang berjumlah tujuh orang dipimpin oleh Sertu Armadhani ini sambil melaksanakan patroli keamanan sekaligus memberikan pemeriksaan kesehatan dan layanan kesehatan secara gratis kepada warga yang tinggal di bivak-bivak.

 

Terpisah, Danpos Kaliwanggo Kapten Inf Adik Sunarto mengatakan bahwa masih banyaknya warga yang jarang berada di rumahnya karena pergi berburu atau mencari sagu dan tinggalnya di bivak-bivak, sebagai bentuk kepedulian Satgas dalam memastikan bahwa tidak ada warga yang sakit ketika di bivak dan apabila terdapat warga yang sakit dapat segera diobati.

 

 

“Hal ini kami lakukan agar warga di sini dapat memeriksakan diri, karena hampir tidak pernah warga pergi berobat apabila sakit, dan membiarkan penyakitnya sembuh dengan sendirinya. Kebiasaan ini sangat tidak baik, karena dikhawatirkan terdapat penyakit yang dapat menulari warga lainnya, “ ujarnya.

 

Dirinya berharap, timbul kesadarana warga untuk memeriksakan diri apabila sakit ke Pos Satgas terdekat, dan kami siap melayani 24 jam, “ pungkasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel