Kostrad

Patroli Satgas Yonif R 300 Jamin Kedaulatan Negara dan Keamanan Warga

Oleh 26 Okt 2019 Tidak ada komentar
Patroli Satgas Yonif R 300 Jamin Kedaulatan Negara dan Keamanan Warga
#TNIAD 

JAKARTA – tniad.mil.id – Kegiatan patroli yang dilaksanakan Satgas Pamtas Yonif R 300/Bjw tidak hanya untuk menjamin kedaulatan negara semata , namun juga memastikan terpeliharanya keamanan wilayah dan warga yang berada di perbatasan RI-PNG

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 300/Bjw Letkol Inf Ary Sutrisno, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Keerom, Papua, Jumat (25/10/2019).

 

Dijelaskan Dansatgas, personelnya melaksanakan patroli dengan lebatnya hutan Papua. Medan yang dihadapi berbeda dengan patroli-patroli yang sebelumnya, karena terdapat medan yang licin, terjal dan aliran sungai yang deras.

 

“Kondisi tersebut bukanlah hal yang ditakutkan, akan tetapi semakin menumbuhkan semangat para anggota untuk menjaga dan mencegah adanya perbuatan yang melanggar hukum, ” ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, patroli rutin ini dilakukan oleh anggota Satgas, selain untuk menciptakan rasa aman di sekitaran Pos juga untuk mengetahui medan-medan yang dapat dijadikan jalan pelolosan untuk kelompok- kelompok yang tidak bertanggung jawab.

 

“Bukan tidak mungkin hal tersebut terjadi, karena potensi alam Papua yang masih sangat terjaga dan alami, banyak satwa-satwa yang hidup di dalamnya serta kondisi pepohonan yang sangat asri, yang mendorong dari oknum-oknum yg tidak bertanggung jawab untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum, ” tuturnya.

 

“Misalnya penebangan pohon secara ilegal, perburuan satwa-satwa yang dilindungi serta penyelundupan barang-barang ilegal, ” imbuhnya.

 

Ary Sutrisno mengungkapkan, rasa aman dan nyaman karena sering dilaksanakan patroli setiap minggunya tidak hanya dirasakan oleh personel Pos saja, melainkan juga dirasakan oleh masyarakat setempat.

 

“Warga di sekitar Pos sangat berterima kasih kepada anggota Satgas Yonif Raider 300/ Bjw, khususnya Pos Kalipay yang selalu memberikan rasa aman kepada masyarakat,” pungkasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel