Kostrad

Peduli Warga Pedalaman Halmahera, Satgas Yonif 734 Bantu Pelayanan Kesehatan

Oleh 20 Okt 2019 Tidak ada komentar
Peduli Warga Pedalaman Halmahera, Satgas Yonif 734 Bantu Pelayanan Kesehatan
#TNIAD 

 

JAKARTA, tniad.mil.id – Bantuan pelayanan kesehatan yang diberikan Satgas Yonif 734/SNS, tidak hanya implementasi dari kegiatan pembinaan teritorial, namun lebih kepada wujud kepedulian mereka terhadap warga pedalaman Halmahera Utara.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 734/SNS, Letkol Inf Edwin Charles, dalam rilis tertulisnya di Maluku Utara. Minggu (20/10/2019)

 

Dikatakan Dansatgas, kegiatan kesehatan keliling oleh tim kesehatan Pos Kotis Satgas Yonif 734 ke pedalaman Halmahera Utara tepatnya di Desa Soasio, Kecamatan Galela Utara. Dipimpin langsung Dokter Satgas, Letda Ckm dr. Rizky Zulkarnain Ratoputra, pada hari Sabtu (19/10/2019).

 

“Ini merupakan kegiatan bakti sosial yang bertujuan membantu masyarakat pedalaman Halmahera Utara yang tidak memiliki fasilitas kesehatan di desanya,” tutur Edwin.

 

Pada kedatangannya tersebut, Edwin menjelaskan bahwa ketika kedatangan mobil ambulance dari Satgas Yonif 734 tiba, mereka langsung menghampiri dan meminta tolong karena ada beberapa warga yang perlu diberikan bantuan.

 

“Warga Desa Soasio lebih sering terkena penyakit flu dan batuk yang disebabkan oleh debu yang sering turun dari Gunung Dukono serta cuaca yang sangat panas,” terang Edwin

 

“Ditambah daerah itu jarang sekali turun hujan serta banyak dari mereka sering mengkonsumsi makan-makanan yang berkadar garam tinggi sehingga penyakit tersebut menyerang warga desa,” imbuhnya.

 

Tidak hanya itu, menurut dr.Rizky Zulkarnain semua ini hanya dapat diantisipasi dengan menjalani pola hidup sehat dan teratur, serta selalu menggunakan masker untuk mencegah debu yang masuk melalui hidung.

 

“Kami merasa senang bisa turut membantu mereka terlebih mereka berada pada daerah yang sangat jauh dari fasilitas kesehatan,” pungkasnya.

 

Tidak hanya memberikan bantuan pengobatan, tim kesehatan Satgas Yonif 734n juga mengajarkan kepada warga pedalaman untuk menjalani pola hidup sehat kepada mereka agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Di akhir kegiatan, Satgas Yonif 734 membagikan masker gratis bagi warga Desa Soasio untuk mengurangi efek dari debu Gunung Dukono.

 

Menurut Sajid (22), kami sebagai warga desa soasio merasa berterima kasih kepada Satgas Yonif 734, yang telah memberikan bantuan kesehatan kepada kami secara gratis.

 

“Semoga kebaikan ini dibalas oleh Allah SWT dan Satgas Yonif 734 semakin jaya dan sukses,” ucapnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel