Skip to main content
Kostrad

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Yonif 411 Kostrad Kenalkan Pahlawan Revolusi Kepada Anak-anak Perbatasan.

Dibaca: 21 Oleh 02 Okt 2019Tidak ada komentar
Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Yonif 411 Kostrad Kenalkan Pahlawan Revolusi Kepada Anak-anak Perbatasan.
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

JAKARTA, tniad.mil.id – Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, Pos Bupul 13 Satgas Pamtas MR 411/Pdw Kostrad berkesempatan memperkenalkan jasa para Pahlawan Revolusi kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD) di perbatasan RI-PNG.

Hal tersebut disampaikan, Dansatgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos, M.Han., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (2/10/2019)

Dijelaskan Dansatgas, pada upacara yang diselenggarakan di Lapangan SD Inpres Bupul 13, Kampung Kirelly, Distrik Elikobel pada hari Selasa (1/10/2019) sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur mempertahankan Pancasila.

“Momentum Hari Kesaktian Pancasila merupakan sejarah penting bangsa Indonesia dalam mengenang kembali peristiwa penghianatan G 30/S PKI serta meningkatkan kewaspadaan munculnya bahaya laten Komunis,” tegas Rizky.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada upacara yang baru pertama kali dilaksanakan di SD tersebut, Pos Bupul 13 memberikan penjelasan kepada siswa-siswi yang hadir tentang Pancasila yang merupakan pandangan hidup bangsa dan dasar Negara Republik Indonesia yang tidak boleh diubah oleh siapapun.

Baca juga:  Upacara Memperingati HUT Ke-69 Kemerdekaan RI di Markas Kostrad

“Termasuk memperkenalkan siapa saja 7 (tujuh) Pahlawan Revolusi yang menjadi keganasan pada peristiwa G30S/PKI dalam membela Pancasila,” terang Rizky.

Peringatan kali ini, seluruh petugas upacara berasal dari personel Pos dengan inspektur upacara Danpos Bupul 13 (Letda Inf Yusri Khoirudin) diikuti oleh para dewan guru dan siswa-siswi dengan jumlah seluruhnya 33 orang.

Setelah pelaksanaan upacara, Letda Inf Yusri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta upacara karena telah melaksanakan upacara dengan berjalan lancar dan penuh khidmat.

“Ini adalah wujud tekad kita semua bahwa yang tinggal di wilayah perbatasan sampai kapanpun akan selalu mengenang para pahlawan revolusi dan mempertahankan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” ucap Yusri.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13, Ona Bernandus, S. Pd.K., menyampaikan rasa terima kasih kepada Pos Bupul 13 Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang telah menyelenggarakan upacara Hari Kesaktian Pancasila di sekolahnya.

“Mudahan-mudahan dengan dilaksanakannya upacara pada hari ini semakin meningkatkan jiwa nasionalisme para siswa, memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk dapat secara rutin melaksanakan upacara hari Senin dan hari-hari nasional lainnya,” ucap Ona. (Dispenad)

Baca juga:  Satgas Armed 11 Dan Armed 12 kostrad Mendapatkan Kembali Munisi Dan Pistol

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel