Berita Satuan

Senyum Humanis Satgas Yonif MR 411, Sukseskan Festival Budaya Suku Kanum

Oleh 25 Okt 2019 Tidak ada komentar
Senyum Humanis Satgas Yonif MR 411, Sukseskan Festival Budaya Suku Kanum
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Senyum humanis prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad, sambut kedatangan pelintas batas warga negara Papua Nugini yang akan mengikuti acara “Festival Budaya Suku Kanum Tahun 2019”.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 411/Pandawa Mayor Inf Rizky Aditya dalam keterangan tertulisnya di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Kamis (24/10/2019).

Dansatgas menjelaskan, bahwa sejak dua hari terakhir ini telah tercatat ada 87 warga Negara Papua Nugini melintas ke Negara Indonesia dalam rangka mengikuti acara “Festival Budaya Perbatasan RI-PNG Suku Kanum Tahun 2019”. Festival rakyat ini akan laksanakan pada tanggal 25-26 Oktober 2019 di Lapangan Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Merauke.

Lebih lanjut dikatakan, sebelum memasuki kewilayah Indonesia, warga PNG terlebih dahulu melapor ke pos terdepan perbatasan di Pos Kout Satgas guna diperiksa pasport, dokumen dan barang-barang yang dibawa para pelintas batas, hal ini untuk meyakinkan bahwa semuanya aman dan tidak melanggar peraturan. Pemeriksaan sendiri dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Meskipun dalam melaksanakan tugas menjadi garda terdepan bangsa, personel Satgas selalu melontarkan senyum humanis kepada para pelintas batas yang sedang laporan ke Pos Satgas, hal ini dilakukan dengan tujuan bahwa TNI adalah simbol keramahan bangsa Indonesia di tapal batas,” ungkap alumni Akmil 2003 ini.

Rizky mengungkapkan, senyum humanis prajurit Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad pada saat melaksanakan pemeriksaan pelintas batas selalu diterapkan setiap harinya. Setelah diperiksa di Pos Kout dan dinyatakan semuanya aman, para pelintas batas melapor ke kantor Imgrasi Sota yang jaraknya sekitar 250 meter dari Pos Satgas.

Selain itu, untuk mensukseskan gelaran Festival Budaya Suku Kanun ini, Satgas Yonif Raider 411/Pdw juga menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi warga. Persobel Satgas mendirikan tenda besar untuk kegiatan pengobatan gratis untuk mendukung terlaksananya festival rakyat tersebut.

Terpisah, Perwira Penerangan Satgas Yonif raider 411/Pdw Kapten Chk Agung Priyadi mengatakan, pendirian tenda lapangan tersebut dilaksanakan oleh personel Pos Rawabiru yang berjumlah Sembilan orang dipimpin oleh Sertu Sutono bersama dengan warga di Lapangan Kampung Rawabiru, Distrik Sota

“Kegiatan bakti sosial tersebut, merupakan wujud kepedulian Satgas TNI terhadap kegiatan pelestarian budaya masyarakat di perbatasan, di wilayah penugasan tanggung jawab Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, “tuturnya.

Selain dalam rangka menyambut Festival di Kampung Rawabiru, kegiatan bakti sosial juga bertujuan untuk membangun soliditas dan sinergitas TNI dengan masyarakat guna mempererat hubungan baik TNI dengan rakyat yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad juga mendapat kunjungan dari Tim Asistensi Pusterad yang dipimpin oleh Kabag Dik Sdirbindiklat Pusterad Letkol Inf Edy Supriyadi, dalam rangka asistensi kegiatan teritorial Satgas Pamtas di wilayah penugasan. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel