Berita Satuan

Tumbuhkan Semangat Belneg Generasi Muda, Satgas Yonif 509 Gelar Penyuluhan di SMP Distrik Web

Oleh 25 Okt 2019 Tidak ada komentar
Tumbuhkan Semangat Belneg Generasi Muda, Satgas Yonif 509 Gelar Penyuluhan di SMP Distrik Web
#TNIAD 

 

Jakarta, tniad.mil.id,- Tergerak menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semangat bela negara kepada generasi muda Papua, Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad menyelenggarakan penyuluhan kepada para pelajar SMP Negeri 1 Distrik Web, Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 509 Kostrad, Letkol inf Wira Muharromah, S.H., Psc. dalam rilis tertulisnya,Keerom, Papua, Jumat (25/10/2019)

Dikatakan Dansatgas, sasaran penyuluhan kepada pelajar SMP kali ini, lebih dikarenakan mereka merupakan generasi muda yang akan meneruskan roda pemerintahan dan melanjutkan pembangunan bangsa Indonesia, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam cita-cita kemerdekaan bangsa.

“Materi bela negara sendiri diberikan oleh Danpos Ubrub (Lettu Inf Abdul Katrub), dan diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX pada hari Kamis (24/10/2019),” ucap Wira.

Menurut Wira, upaya pembelaan terhadap Negara merupakan hak dan sekaligus kewajiban setiap warga negara.

“Untuk itu, upaya pembinaan kepada seluruh elemen masyarakat perlu dilaksanakan sejak dini dan terkoordinasi. Ini juga sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 30 ayat 1,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan dia, sebagaimana telah dicapai kesepakatan bersama oleh 10 Lembaga Negara pada tanggal 6 Agustus 2015, yaitu Kemenko Polhukam, Kemhan Kemdikbud, Kemdagri, Kemenpan, Kemristek Dikti, Kemenag, Kemenpora, Mabes Polri dan Kwarnas Pramuka.

”MOU (Memorandum Of Understanding) tersebut, bertujuan tujuan agar program pembinaan kesadaran bela negara dapat berjalan lebih terkoordinasi, berkelanjutan sesuai fungsi dan tugas masing masing,” tutur Wira.

Pada kegiatan penyuluhan tersebut, seluruh pelajar SMPN 1 Distrik Web sangat antusias dan mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh Danpos Ubrub.

Sementara itu, selain mengucapkan terima kasih kepada Satgas, Kepala sekolah SMPN 1 Web, Wagiman berharap kegiatan ini akan terus berlanjut.

“Semoga materi yang diberikan oleh Danpos, dapat diterima ( para pelajar), sehingga mereka mengerti akan pentingnya bela Negara,” tutupnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel