Berita Satuan

Bina Kemampuan Prajurit, Dithubad Gelar Lomba Ketahanan Siber

Oleh 22 Nov 2019 Tidak ada komentar
Bina Kemampuan Prajurit, Dithubad Gelar Lomba Ketahanan Siber
#TNIAD 

CIMAHI – tniad.mil.id, Guna menghadapi tantangan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Dithubad menggelar Lomba Ketahanan Siber untuk menyiapkan prajurit yang kompeten dan handal di bidang Siber.

 

Demikian disampaikan Komandan Pusat Pendidikan Perhubungan (Danpusdikhub) Kodiklatad Kolonel Chb Fitry Taufiq Sahary, S.E., M.M., di Pusdikhub, Jumat (22/11/2019).

 

Diungkapkan Fitry, Lomba Ketahanan Siber Dirhubad Cup 2019 itu dilaksanakan pada Kamis (21/11/2019). Lomba yang baru pertama kali di gelar tersebut diikuti oleh 19 peserta, terdiri dari prajurit TNI dari berbagai Satuan, Mahasiswa serta komunitas siber dari berbagai daerah di Indonesia.

 

“Untuk pertama kalinya kita (Dithubad) menggelar Lomba Ketahanan Siber untuk meningkatkan kompetensi Prajurit khususnya dan secara umum bagi para praktisi yang bergerak di bidang siber”, katanya.

 

Lulusan Akmil tahun 1994 ini menjelaskan, memasuki era Revolusi Industri 4.0, keamanan siber itu sangat penting, karena perang kedepan tidak hanya perang fisik, akan tetapi perang dunia digital.

 

“Kedepan bukan hanya perang fisik, tapi perang dunia digital sehingga perlu penyiapan SDM untuk menjaga sumber daya informasi TNI agar terlindungi dari gangguan serta penyalahgunaan atau pemanfaatan oleh pihak lain,” tegasnya.

 

Adapun materi yang diperlombakan dalam Ketahanan Siber tersebut yaitu Capture the Flag yang meliputi Web Vulnerability Assestment, Penetration Testing, Executable Binary, Network Packet dan lain sebagainya.

 

“Selama 1 hari, para peserta harus mampu menyelesaikan materi-materi Capture The Flag sesuai dengan waktu yang telah di tentukan panitia lomba”, terangnya.

 

Selanjutnya Fitry juga mengatakan bahwa, selain menggelar Lomba Ketahanan Siber, Dithubad juga menggelar sejumlah kegiatan lain diantaranya lomba ketangkasan jaringan, Seminar Nasional terkait Keamanan Siber. Dimana kesemua itu merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-74 Perhubungan Angkatan Darat yang jatuh pada tanggal 23 November 2019.

 

Perlu diketahui bahwa, Lomba Ketahanan Siber tersebut dibuka oleh Danpusdikhub Kodiklatad Kolonel Chb Fitry Taufiq Sahary. Dari hasil perlombaan itu, keluar sebagai juara pertama diraih oleh tim dari Universitas Negeri Semarang, juara kedua tim dari Amikom Yogyakarta dan juara ketiga diraih tim gabungan dari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Universitas Airlangga dan Universitas Islam Indonesia. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel