Berita Satuan

Kasad Hadiri Pertemuan Multilateral Kepala Staf Angkatan Darat ASEAN ke-20 di Bandung

Oleh 25 Nov 2019 Tidak ada komentar
Kasad Hadiri Pertemuan Multilateral Kepala Staf Angkatan Darat ASEAN ke-20 di Bandung
#TNIAD 

Bandung-tniad.mil.id,- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menghadiri Pertemuan Multilateral Kepala Staf Angkatan Darat ASEAN ke-20, (20th Asean Chiefs of Army Multilateral Meeting/ACAMM) 2019 di Bandung.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya usai mengikuti upacara pembukaan di Hotel Trans Luxury, Bandung, Senin (25/11/2019).

 

Candra mengatakan, tahun ini TNI AD mendapat kehormatan menjadi tuan rumah setelah tahun sebelumnya penyelenggaraan ACAMM 2018 dilaksanakan di Melaka, Malaysia.

 

“ACAMM merupakan ajang penguatan komitmen dan kerja sama militer diantara 10 negara ASEAN untuk menjaga spirit persaudaraan, mengembangkan hubungan interpersonal dan berkontribusi pada dialog dan stabilitas regional,’’ ujarnya.

 

Selain itu, lanjut Candra, pertemuan ini juga merumuskan langkah-langkah strategis, menjabarkan visi dan misi para pemimpin angkatan darat yang tergabung di ASEAN.

 

“Tema yang diusung yaitu Melangkah Maju Bersama – Memajukan Kolaborasi antar Angkatan Darat Menuju ASEAN 2025. Sedangkan motto dari kegiatan ini yakni, Bersama Kita Bisa! Together We Can!,” tegasnya.

 

Dalam upacara yang dibuka secara langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto, juga hadir para Kasad negara Asean serta Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto.

 

“Diawali dengan perkenalan para Kasad ASEAN, para delegasi satu per satu ke atas panggung dan bersalaman dengan Menhan RI Prabowo Subianto, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto,’’ jelas Candra.

 

Pada rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan hand over (penyerahan) tuan rumah ACAMM tahun 2020 dari Indonesia kepada Brunei Darussalam, ditutup dengan sesi foto bersama para Kasad Asean.

 

Dikatakan Candra, bahwa sehari sebelumnya, Minggu (24/11/2019), saat para delegasi tiba di Bandung, Kasad juga menggelar acara Welcoming Reception di Skyline Restaurant, Dago.

 

“Acara itu sekaligus ucapan selamat datang dan rasa hormat Kasad selaku tuan rumah dalam menyambut para pemimpin Angkatan Darat ASEAN beserta delegasinya di Indonesia,’’ tuturnya.

 

Dalam acara yang berlangsung hangat tersebut, kepada delegasi disuguhkan persembahan kesenian khas Indonesia, sajian kuliner khas Bandung serta beberapa games ringan untuk mencairkan suasana.

 

“Kegiatan ini sangat penting, terutama dalam memperkuat solidaritas dari antar negara ASEAN sehingga tercipta perdamaian dan stabilitas di negara ASEAN,” tegasnya.

 

Adapun para 9 pejabat Angkatan Darat dari negara-negara ASEAN tersebut dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philiphina, Singapura, Thailand, dan Vietnam (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel