Skip to main content
Berita Satuan

Lestarikan Tradisi Maluku, Satgas Yonif 136 Gotong Royong Bangun Rumah

Dibaca: 1182 Oleh 23 Nov 2019Tidak ada komentar
Lestarikan Tradisi Maluku, Satgas Yonif 136 Gotong Royong Bangun Rumah
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA. tniad.mil.id – Sebagai upaya melestarikan Tradisi Masohi yang merupakan warisan leluhur masyarakat Maluku, Satgas Pamtas Yonif RK 136/TS turut membantu pembangunan rumah warga di Negeri Seith, Kecamatan Leihitu.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 136/TS, Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Maluku Utara, Sabtu (23/11/2019)

 

Diungkapkan Dansatgas, lima orang personel Pos Seith SSK I Satgas Yonif RK 136/TS yang dipimpin Serka Erwin Siregar pada Jumat (21/11/2019) bersama masyarakat bergotong royong dalam rangka membangun salah satu rumah warga.

 

“Masohi atau biasa dikenal dengan istilah gotong royong merupakan tradisi dari Maluku yang memiliki arti sebagai kebersamaan dalam pembangunan untuk mencapai kesejahteraan bersama di tanah Maluku,” ungkap Lubis.

 

“Tradisi tersebut sudah dilaksanakan sejak dahulu dan merupakan warisan dari leluhur yang hingga saat ini masih dipertahankan oleh masyarakat Maluku,” imbuhnya.

 

Selain itu ditambahkannya, mengingat tradisi tersebut merupakan peninggalan para leluhur yang harus selalu dilestarikan dan dijaga guna mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Maluku. Kegiatan tersebut juga bertujuan membantu kesulitan dan meringankan beban bagi masyarakat.

Baca juga:  KPLB 8 Prajurit Yonif 328, Dapatkan Senjata Tokoh OPM

 

Tradisi Masohi atau kegiatan gotong royong seperti ini dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan sekaligus menjalin dan membina hubungan sosial yang baik antar warga bersama personel Satgas, sehingga diantara keduanya memiliki rasa kebersamaan,” tandasnya.

 

Di tempat terpisah, Jamal (47) salah satu warga mengungkapkan terima kasih kepada personel Satgas yang telah berpartisipasi membantu dalam kegiatan gotong royong di Negeri Seith.

 

“Kami sangat senang dengan personel pos Satgas yang selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, baik dalam kegiatan gotong royong maupun lainnya seperti kegiatan ibadah,” ucapnya.

 

Di tempat yang sama, H. Sulaiman selaku pejabat Negeri Seith mengatakan bahwa dirinya berharap dengan digerakannya kegiatan seperti ini, Tradisi Masohi atau gotong royong yang merupakan peninggalan para leluhur akan terus terjaga.

 

“Kami seluruh warga Negeri Seith sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas yang mau menjaga tradisi leluhur yang kami miliki,” pungkasnya (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel