Berita Satuan

Peduli Kesehatan Warga, Satgas Pamtas Yonif R 509 Sasar Pasar Oksibil di Perbatasan

Oleh 21 Nov 2019 Tidak ada komentar
Peduli Kesehatan Warga, Satgas Pamtas Yonif R 509 Sasar Pasar Oksibil di Perbatasan
#TNIAD 

JAKARTA,tniad.mil.id – Peduli kepada kehidupan dan kenyamanan masyarakat perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Raider 509/Kostrad, menyasar pasar Oksibil untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga di Pegunungan Bintang.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 509/Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., Psc.,dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (20/11/2019).

 

Diungkapkan Dansatgas, pelayanan kesehatan yang kali ini menyasar warga di sekitar Pasar Oksibil tersebut, dilaksanakan Pos Oksibil Satgas pada Selasa (19/11/2019).

 

“Kegiatan yang dipimpin Danki B Satgas Pamtas, yang juga merupakan Danpos Pos Oksibil, Lettu Inf Rahmat Hidayat bersama beberapa anggota memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang mengeluhkan gangguan kesehatan,” ujarnya.

 

Sebelumnya lanjut Dansatgas, pihaknya menerima keluhan dari masyarakat bahwa mereka ingin sekali berobat, tetapi karena jarak serta kegiatannya di pasar, mereka tidak bisa berobat walaupun mengeluh sakit.

 

“Menjawab keluhan warga seperti ini, kami merasa terpanggil untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga, apalagi sarana dan prasarana kesehatan yang ada di wilayah perbatasan masih terbilang minim,” jelasnya.

 

“Pelayanan kesehatan ini meliputi pemeriksaan tensi, control kolesterol, gatal-gatal, gangguan lambung, serta pemberian gizi bagi balita,” urai Wira Muharromah.

 

Di tempat terpisah, Danpos Oksibil, Lettu Inf Rahmat Hidayat, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan sekitar, agar masyarakat nyaman dan terhindar dari penyakit.

 

“Bersama Bintara Kesehatan (Bakes), Serda Hari Budi, kita turun langsung ke pasar untuk melihat kondisi masyarakat yang berada di Pasar Oksibil,” tandasnya.

 

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan di samping tugas pokok sebagai Satgas Pamtas RI-PNG dalam menjaga tapal batas, Satgas juga memiliki tugas lain di bidang pembinaan teritorial.

 

“Salah satu contohnya berupa mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan masyarakat yang berada di sekitar yang membutuhkan pertolongan,” terangnya.

 

“Dengan pelayanan kesehatan ini diharapkan masyarakat yang mau berobat merasa terbantu, karena kita memberikannya secara gratis,” tutur Rahmat.

 

Sementara itu Janes Kalakmabin (55), selaku masyarakat yang bertempat tinggal tidak jauh dari Pasar Oksibil menyampaikan terima kasih kepada anggota Satgas atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Satgas yang telah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar, ini betul-betul meringankan beban kami,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel