Berita Satuan

Pelayanan Kesehatan Terpadu, Satgas Pamtas Yonif R 303 Wujudkan Masyarakat Long Bagun Sehat

Oleh 23 Nov 2019 Tidak ada komentar
Pelayanan Kesehatan Terpadu, Satgas Pamtas Yonif R 303 Wujudkan Masyarakat Long Bagun Sehat
#TNIAD 

JAKARTA. tniad.mil.id – Sebagai bentuk konsistensi terhadap masalah kesehatan warga di perbatasan, untuk kesekian kalinya Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM berpartisipasi memberi pelayanan terpadu wujudkan masyarakat yang sehat di Long Bagun.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM, Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos, M.I.Pol.,dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Jumat (22/11/2019).

 

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan sosial yang dilaksanakan Satgas Pamtas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Mahakam Ulu pada Kamis (21/11/2019) ini sekaligus juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55.

 

“Berbagai kegiatan diantaranya Operasi Katarak, Puskesmas Terapung, Pelayanan Posbindu dan KB Kes serta seminar kesehatan digelar di Desa Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun,” ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, selain dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu, drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm.Kes.,tampak pula Dokter Kesehatan Satgas Lettu Ckm dr. Rulli Eka Prananda bersama beberapa personel langsung memberi pelayanan kepada warga.

 

“Kehadiran mereka (Satgas) untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para lansia, orang tua dan anak-anak yang mempunyai keluhan masalah kesehatan,” jelasnya.

 

Dijelaskan pula, berbagai pengobatan gratis, dan seminar kesehatan yang digelar kali ini merupakan wujud kepedulian Satgas kepada masyarakat yang ada di perbatasan.

 

“Masyarakat di perbatasan perlu diberi pengetahuan budaya hidup sehat, karena sehat menjadi hal yang sangat penting sekali. Kalau kita tidak sehat, tentu kita tidak bisa menjadi bangsa yang produktif,” terangnya.

 

Selain kegiatan Baksos, lanjut Taufik Ismail, Satgas juga menggelar beberapa perlombaan diantaranya lomba karnaval berjalan dan visualisasi peran sesuai tema kesehatan, senam zumba, senam cerdik untuk tingkat SMP – SMA dan senam cuci tangan untuk tingkat TK – SD serta lomba pembuatan jamu tradisional yang diikuti masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu.

 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu, drg. Agustinus Teguh Santoso, menyampaikan, aneka kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HKN ke 55 yang bertemakan Generasi Sehat Indonesia Unggul.

 

Menurutnya, pemilihan tema tersebut selain dimaknai sebagai upaya bersama seluruh pemangku kepentingan untuk terlibat dalam pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai sebagai kesiapan personel yang membidangi kesehatan untuk terlibat dalam pembangunan pada periode berikutnya.

 

“Pembangunan harus dititikberatkan kepada aspek sumber daya manusia, karena diyakini, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa,” tuturnya.

 

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Satgas yang sudah berpartisipasi di dalam menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HKN.

 

“Kami atas nama warga sangat senang sekali karena kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan membantu warga disini, khusunya masyarakat di perbatasan Indonesia dan Malaysia ini,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel