Skip to main content
Berita Satuan

Potensi Terbengkalai, Satgas Yonif R 509 Buka Lahan Tidur di Oksibil

Dibaca: 6 Oleh 06 Nov 2019Tidak ada komentar
Potensi Terbengkalai, Satgas Yonif R 509 Buka Lahan Tidur di Oksibil
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Melihat potensi tanah yang subur namun terbengkalai, Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad terinspirasi untuk membuka lahan tidur tersebut dan menanaminya dengan sayur mayur agar dapat membantu ekonomi warga di Distrik Oksibil.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad, Letkol inf Wira Muharromah, S.H., psc. dalam rilis tertulisnya di Papua, Rabu (6/11/2019)

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan buka lahan di Kampung Kutdol oleh 10 personel Pos Oksibil yang dipimpin Danpos Oksibil, Lettu Inf Rahmat Hidayat pada Selasa (5/11/2019), mengajak warga untuk menjadikan lahan tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman bermanfaat.

“Lahan milik warga Kampung Kutdol sudah lama sekali tidak ditanami oleh warga, sehingga tidak produktif dan ditumbuhi semak belukar dan alang-alang yang sudah tinggi,” ungkap Wira.

“Sehingga kami (Satgas) mengajak warga untuk bersama-sama mengolah lahan milik mereka untuk dapat ditanami tanaman yang bermanfaat seperti sayur-sayuran ke depannya,” imbuhnya.

Dengan demikian, tambah Wira, kegiatan tersebut sekaligus untuk memenuhi kebutuhan hidup dan memajukan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan khususnya di Kampung Kutdol.

Baca juga:  Satgas Indobatt UNIFIL Rayakan Lebaran di Medan Tugas

Di tempat terpisah, Danpos Oksibil mengatakan bibit sayuran merupakan masalah yang menjadi kendala karena warga sama sekali tidak mempunyai bibit sayuran untuk mereka tanami di kebun milik mereka.

“Untungnya, kami (Satgas) sebelum berangkat ke daerah penugasan membawa bibit sayuran dari homebase, sehingga segera kami bagikan bibit sayuran tersebut kepada mereka,” ucap Rahmat.

Sementara itu, Kepala Kampung Kutdol, Teo Uropdana mengatakan bahwa ia pun mengajak warganya aktif dalam mengolah lahan-lahan yang saat ini terkesan terbengkalai dan mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas yang mengajak warga untuk aktif dalam mengolah lahan kebun miliknya.

“Kami tanam tanaman sayur-sayuran disini untuk keperluan sehari-hari dan untuk dijual ke pasar,” kata Teo. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel